"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, December 2, 2015

KPU Siapkan TPS Khusus Di Lapas Kelas II A Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak 500 warga binaan Lapas Kelas 2A Jember dipastikan dapat menyalurkan hak pilihnya. KPU kabupaten Jember menyiapkan satu TPS Khusus yang disiapkan bagi para warga binaan.

Anggota Komisioner KPU Jember, Akhmad Hanafi mengatakan, berdasarkan kajian dan evaluasi tiga kali penyelenggaraan pemilu yakni Pemilu Gubernur Jatim, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden, angka partisipasi warga binaan untuk memberikan hak pilihnya cukup tinggi bahkan angka golput cenderung tidak ada.

“Untuk pelaksanaan Pilkada ini ada sebanyak 500 warga binaan yang masuk dalam DPT dan berhak untuk menyalurkan hak pilihnya, sehingga kami juga memfasilitasi mereka dengan menyediakaan TPS Khusus nantinya,” ujar Hanafi Rabu (2/12).

Menurut Hanafi, untuk memperkenalkan profil masing-masing pasangan calon bupati kepada warga binaan, KPU telah melakukan sosialisasi langsung didalam area lapas terkait tata cara pencoblosan maupun visi misi dari kedua pasangan Bupati Jember priode 5 tahun mendatang.

“Kita sangat bersyukur karena dari sosialisasi yang telah kita lakukan ternyata sebagiaan besar warga binaan telah memahami dan mengenal figur kedua pasangan calon bupati, ini sangat penting agar nantinya mereka tidak asal memilih dan bisa menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing,“ imbuhnya.

Agar proses pencoblosan berjalan tanpa diwarnai kecurangan, Secara tekhnis, Hanafi menegaskan seluruh proses pemungutan suara akan dilakukan sesuai prosedur. “Kita telah berkordinasi dengan pihak Lapas, proses pencoblosan akan dipantau oleh Panwas dan dijaga Aparat Kepolisiaan,” pungkasnya.

Berdasarkan Data KPU, Jumlah tempat pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah, berkurang dibandingkan TPS Pemilu Presiden pada 9 Juli 2014. Jumlah TPS Pilkada berkurang sebanyak 461 TPS karena pada Pemilu Presiden jumlah TPS sebanyak 4.808 TPS, sedangkan pada Pilkada sebanyak 4.347 TPS. (al/eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: