"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, December 30, 2015

Pemkab Jember Diminta Perhatikan Petani Hortikultura

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Gagalnya atau menurunnya hasil panen menjadi persoalan serius bagi petani, apalagi Petani Holtikultura. Mereka merasa dipandang sebelah mata oleh pemerintah kabupaten Jember.

Pasalnya tidak adanya petugas penyuluh lapangan (PPL), yang khusus menangani Holtikultura, sehingga berakibat petani holtikultura seperti petani Jeruk, buah naga, harus merekayasa sendiri agar hasil pertaniannya bisa maksimal sesuai harapannya,

Kesan itu disampaikan Mohammad Ali ( 50 ) warga dusun Tekoan Kauman RT.02  RW.12 Desa Tanggul kulon, yang menjadi petani jeruk sejak tahun 1999, pihaknya harus melakukan percobaan agar bisa menghasilkan hasil yang baik, sehingga Cos (biaya) yang dikeluarkan cukup banyak,

"Kalau pemerintah daerah (Pemkab) Jember bisa menciptakan Petugas penyuluh petani Holtikultura, saya kira hasil panen para petani holtikultura, akan lebih baik, karena dia sudah ada ilmu bagaimana bertani holtikultura yang baik " ujarnya Rabo (30/12).

Masih menurut Pria yang kerap dipanggil Ali ini,  Selama ini pemerintah hanya menyiapkan PPL untuk pangan, padahal holtikultura juga sebagai penopang perekonomian,"seharusnya pemerintah juga harus menciptakan PPL Holtikultura," lanjutnya.

Hal tersebut diakui Ir.Hanief Fauzi Staf Ahli senior Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura wilayah Karisidenan Besuki,  menurutnya Seharusnya Pemerintah daerah minimal menambah pengetahuan atau Pendidikan kepada PPL,  Artinya penambahan ilmu tentang Holtikultura,

"saya pandang pemerintah minimal menambah pengetahuan tentang Holtikuktura kepada PPl, selama ini PPL hanya mengatasi tentang tanaman jenis Pangan, sehingga apabila petani Holtikultura bertanya dia tidak bisa berbuat apa apa, " ucapnya.

Seharusnya ada PPL Holtikultura, "benar mas, selama ini memang tidak ada PPL yang khusus tanaman Holtikutura, PPl sekarang masih menangani Tanaman pangan,  padahal kalau kita lapangan masyarakat sudah Hampir 30% menanam jenis tanaman Hoktikultura, " pungkasnya. (yond)

Berita Terkait Pertanian

1 comment:

globaltravelindo jember said...

semestinya kedepan pemkab bisa kerjasama dengan smk pertanian n perkebunan atau dengan unej sebagai penghasil sdm yg menguasai hortikultura...kalo dirasa sdm kurang mumpuni bisa di kursuskan secara berkala