"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, December 4, 2015

Polres Banyuwangi Musnahkan Ribuan Liter Miras

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Polres Banyuwangi memusnakan sebanyak 5.233 botol minuman keras berbagai merk dari hasil Operasi Sakau Semeru 2015 Jumat pagi (4/12) dihalaman Mapolres Banyuwangi.

Pemusnahan minuman haram yang berhasil diamankan Satnarkoba itu dipimpin langsung Kapolres AKPB. Bastoni Purnama, bersama jajaran Forkopimda. Selain 5.233 botol miras, juga ada 7.175 liter arak Bali yang ikut dimusnahkan dengan cara digilas slender.

Nampak dalam pemusnahan miras dan arak Sekda H. Slamet Karyono, Kajari AA. Adnyana, ketua MUI KH. Muhammad Yamin, perwira yang mewakili Dandim dan Danlanal, juga perwakilan dari Pengadilan Negeri Banyuwangi serta tokoh masyarakat lainnya.

Data yang dihimpun koran ini, operasi sakau yang digelar di Bulan Nopember itu merupakan hasil ungkap 213 kasus miras. “Sebanyak 119 di antaranya tergolong pemakai dan pengedar. Bukti yang kita musnahkan ini merupakan hasil operasi sakau. Pelakunya ada yang dibina dan diproses secara hukum,” terang Kasatnarkoba, AKP. Agung Setyabudi.

Kapolres Banyuwangi, AKBP. Bastoni Purnama, menjelaskan bahwa miras terbukti bisa menjadi pemicu terjadinya aksi kriminal. “Kita lihat, umumnya pelaku tindak kejahatan menjalankan aksinya setelah terpengaruh miras. Bahkan sejarah mencatat, dulu Jepang menjajah Cina juga menggunakan miras. Disaat pengaruh miras merajai orang Cina, akhirnya Jepang dengan mudah bisa menguasai Tiongkok,” bebernya.

Selain merupakan bagian dari tugas pokok dann fungsi polisi untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, operasi sakau dimaksud dilaksanakan sekaligus dalam rangka mengamankan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

“Kita berharap Pilkada Banyuwangi berjalan kondusif. Namun juga tidak bisa kita hindari pasokan miras, mengingat Banyuwangi yang memiliki pelabuhan laut, udara, kereta api serta bus menjadikan kabupaten ini sebagai jujugan pasar pasokan miras. Terlebih Banyuwangi juga berbatasan dengan Bali yang notabene tergolong destinasi pariwisata dunia,” tandasnya. (kim)

Berita Terkait Kriminal

No comments: