"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, December 4, 2015

Polres Banyuwangi Siap Amankan Pemilukada 2015

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Polres Banyuwangi sebagai garda depan keamanan menyatakan siap mengawal Pesta Demokrasi’ Pemilukada serentak yang dilaksanakan pada 9 Desember 2015.

Ada 2 kontestan calon Bupati dan calon wakil bupati Banyuwangi yakni, pasangan Anas-Yusuf (Dahsyat), calon incumbent yang dalam undian meraih tiket nomor 1. Sementara rivalnya adalah pasangan Sumantri-Sigit (Susi) yang mengantongi nomor urut 2.

Kabag Ops Polres Banyuwangi, Kompol. H. Sujarwo, selaku pengendali ‘pasukan’ menyatakan kesiapannya mengamankan Pemilukada serentak 2015 dengan melaksanakan operasi khusus kepolisian dengan sandi ‘Ops Mantap Praja Blambangan 2015’.   Jelasnya Jumat, (4/12)

Ada 8 persiapan (Asta Siap) yang akan dilakukan, diantaranya siap piranti lunak, siap kondisi Kamtibmas, siap personil, siap posko, siap sarana dan prasarana (Sarpras), siap masyarakat, siap latihan pra operasi dan siap anggaran. “Secara detail Asta Siap tersebut sudah kita pahamkan untuk dimengerti dan dilaksanakan di lapangan oleh jajaran dan anggota,” tegas Kompol. H. Sujarwo.

Sementara personil yang diterjunkan dalam pengamanan Pemilukada 2015 menurunya, sebanyak dua pertiga kekuatan ditambah anggota Brimob sebanyak 1 SSK. “Rinciannya, lat pra ops 500 personil, gelar pasukan 750 personil. Untuk tahap pengumuman dan penetapan DPT 100 personil, pendaftaran dan penetapan calon 150 personil, kampanye 452 personil, masa tenang 215 personil.

Sedangkan saat pemungutan suara 850 personil dan ketika penghitungan suara disiapkan 500 personil plus penginapan sumpah janji 500 personil,” beber perwira dengan melati satu dipundak yang beberapa tahun silam pernah menduduki jabatan Kasatreskrim di Polres Bondowoso ini.

Sebagai antisipasi kerawanan dan yang perlu diwaspadai dalam Pemilukada, kata Sujarwo, adalah tindak penganiayaan, pengancaman, pembakaran, sabotase, teror dan yang sejenisnya. Sedangkan tingkat kerawanan yang sudah di maping terdiri dari kerawanan politik, kerawanan sara, kriminal, bencana dan di medan/lapangan.

Untuk anggaran pengamanan Pemilukada Banyuwangi 2015, menurut Sujarwo, mencapai kurang lebih 4 Milyard. Namun begitu, perkiraan pengggunaan hanya mencapai 2/3 saja. Sedangkan sisa anggaran yang 1/3 akan dikembalikan kepada negara.

“Polri akan menggunakan anggaran seefektif mungkin. Bantuan keamanan dari Brimob Polda Jatim 1 SSK. Mengingat tahapan yang sudah kita amankan sejak pendaftaran hingga pengambilan sumpah atau janji sampai pasca pelantikan. Pengamanan Polri dilaksanakan kurang lebih selama 8 bulan,” pungkasnya . (kim)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: