"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, January 9, 2016

Jember Tuan Rumah Karapan Sapi Kapolda Jatim Cup

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak 124 peserta, Sabtu 9 Januari 2016 memeriahkan lomba Karapan Sapi Kapolda Jatim Cup, yang digelar di lapangan Desa Tanggul Wetan, kecamatan Tanggul, kabupaten Jember.

Lomba yang dilaksanakan hingga Rabu (13/1) mendatang disamping diikuti dari Kabupaten Jember, sejumlah kabupaten luar Jember seperti Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan kabupaten di pulau Madura juga turut memeriahkan acara tersebut.

“Perlombaan kali ini akan ada 3 kelas. Kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah. Selain itu, panjang lintasan karapan juga paling panjang di Jawa Timur, sekitar 220 meter,” kata Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, saat memberikan laporan panitia di hadapan Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Anton Setiadji.

Pada umumnya perlintasan sepanjang 180-190 meter. “Saya baru sekali ikut lomba di Jember, saya kaget juga kok lintasannya cukup panjang. Tapi tidak apa-apa, ini malah menantang buat kami,” tutur Hairul, tim karapan sapi Angin Ribut, asal Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

Dalam sambutan pembukaanya, Kapolda Jatim, Irjend Pol Anton Setiadji,  sempat berkelakar mengenai cara dialek orang Jember yang tak bisa mengucapkan Kapolda Cup (Baca: Kapolda Kap), melainkan menyebut Kapolda Cup (Baca: Kapolda Cup). Tak ayal guyonan  Kapolda putra Jember itu membikin ger peserta berantakan

Kapolda juga menyampaikan kenapa kegiatan ini digelar di Jember? Karena karapan sapi ini bukan hanya ikon Madura. Tetapi merupakan ikon budaya Jawa Timur. Diakhir sambutannya, Anton berpesan kepada seluruh peserta agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dalam berlomba. (ruz)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: