"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, January 4, 2016

Peringati HUT 87 Jember Gelar Pamerkan Foto Tempo Dulu

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak 100 foto dipamerkan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) atau Hari Jadi Kabupaten Jember ke 87, di alun-alun, Senin (4/1). Pegiat sejarah Jember dari Komunitas Boemi Poeger.

Pameran foto tersebut diselenggarakan oleh Satpol PP, bersama Kantor Pariwisata dan Komunitas Boemi Poeger, “Pameran foto ini menggambarkan perjalanan sejarah Jember dalam bentuk visual foto. Karena gambar dapat bercerita seribu kisah,” ujar Yopie, sapaan Y. Setyo Hadi.

Ada 100 koleksi foto yang dipamerkan, foto diambil dari berbagai sumber, mulai dari koleksi pribadi, hingga kumpulan kliping dari koran dan buku-buku lama berbahasa Belanda. “Sebagian foto sudah kami tampilkan di Grup Sejarah Jember, di media sosial. Namun, yang dari koleksi pribadi belum,” terangnya.

Menurut aktivis yang konsen terhadap studi peninggalan benda sejarah dan purbakala ini, banyak respon sejumlah pengunjung, terutama tentang perjalan Jember melalui peninggalan benda purbakala. “seperti Prasasti Congapan di Karang Bayat, Sumberbaru, maupun Candi Deres di Gumukmas,” urainya.

Pameran ini memberi pengetahuan masa lalu, berkaitan dengan masa kini dan masa depan. Karena Jember di masa lampau, memiliki keterkaitan erat dengan saat ini. “Contoh tataruang kota. Misalnya, foto alun-alun, serta kantor pemerintahan yang dikelilingi masjid dan penjara. hingga kini, masih tak berubah,” jelasnya.

Sehingga muaranya, sambung Yopi, pameran foto tersebut dapat membangun kesadaran masyarakat Jember terhadap pelestarian benda cagar budaya, yang jumlahnya cukup banyak. “Harapannya kedepan, pemerintah peduli dan mau mendirikan museum sendiri,” pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: