"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, January 8, 2016

Puluhan Aktivis PMII Demo Tolak Tambang Emas Di Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islan Indonesia (PMII) kabupaten Jember Jawa Timur Jumat (8/1) menggelar aksi demontrasi di depan gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Sejumlah Mahasiswa menutut Pemkab mensterilkan kabupaten Jember jawa tinmur dari aktifitas pertambangan emas di kecamatan Silo, yang saat ini proses perizinan PT Antam telah masuk ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

“Hentikan manuver perizinan tambang emas di (Kecamatan) Silo, baik oleh Gubernur Jatim, Pj Bupati Jember dan PT Antam, atau perusahaan manapun yang tengah berhasrat menjadikan Jember sebagai titik industrialisasi pertambangan,” Demikian kata koordinator aksi Suherman, dalam orasinya yang berapi-api.

Selain berorasi, mahasiswa juga melakukan aksi treatrikal. Dalam aksinya, tiga orang mahasiswa mengenakan topeng berwajah Direktur PT Aneka Tambang, Abu Rizal Bakrie, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Penjabat (Pj) Bupati Jember, Supa’ad.

Aksi ini merupakan sindiran, jika proses perizinan sarat dengan nuansa kong-kalikong antara pengusaha dan Pemerintah Daerah. “Dengarkan jeritan rakyat yang menolak tambang. Seterilkan Jember dari segala bentuk industri pertambangan, dan maksimalkan potensi agraris dan maritim,” pekik salah mahasiswa lain.

Merasa aksinya tak ditanggapi Pj Bupati, mahasiswa semakin merangsek ke pagar gedung pemkab yang telah dijaga oleh polisi dan Satpol PP. Aktivis sempat menggedor-gedor pagar, meminta agar Pj Bupati Jember Supa'ad menemui langsung para pendemo.

Perwakilan dari Satpol PP yang mencoba berdialog tak digubris. Mahasiswa menilai, Satpol PP tak memiliki kewenangan apapun dalam perizinan tambang. Karena kecewa tak ditemui Supaad, kemudian para mahasiswa membakar kardus bekas air mineral di depan gedung pemkab, sembari terus melakukan orasi. (midd)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: