"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, February 1, 2016

Donor Darah Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Selain berbagi sesama dan amal ibadah, donor darah juga baik untuk kesehatan jantung.  Pasalnya jika pendonor rutin melakukan donor darah maka cara kerja jantungnya akan normal.

Demikian dikatakan Fitri Agustin Humas Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Jember saat ditemui di sela-sela acara Donor Darah yang diikuti jajaran Muspika Jelbuk, perangkat Desa, Puskesmas, KUA, UPTD Pendidikan, anggota Koramil, serta masyarakat sekitar di aula Kecamatan Jelbuk Senin (1/2).

“Para pendonor bisa medical cek up, sebab darah yang akan diambil akan dicek dulu oleh petugas apakah pendonor ini terkena HIV, Syphilis atau Hepatitis. Jadi secara tidak langsung pendonor juga bisa periksa kesehatannya secara gratis,” katanya.

Fitri juga menjelaskan bahwa pihaknya setiap tiga bulan sekali rutin mengadakan acara donor darah di Kecamatan Jelbuk. Untuk pendapatannya bisa mencapai 30 hingga 50 kantong yang dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang. Khusus hari ini darah yang didapat rata-rata golongan O.

Alumnus Fakultas Ekonomi Unej ini menghimbau kepada masyarakat untuk rutin melakukan donor darah, sebab dengan melakukan donor darah kerja jantung akan lebih ringan. Selain itu dengan menjadi pendonor akan memupuk rasa berbagi kita terhadap saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan darah.

Anggota Koramil Jelbuk Serma Farid Gunawan yang juga pengurus PMI jelbuk menyampaikan bahwa acara ini upaya mengenalkan kegiatan sosial pada masyarakat. “Kegiatan donor darah ini mengajarkan keikhlasan pada kita untuk membantu, sebab kita tidak tahu siapa yang kita bantu untuk mendapatkan darah kita,” jelasnya.

Untuk kali ini Koramil Jelbuk menurunkan 2 personel untuk mendonorkan darahnya. “ Acara donor darah ini berkaitan sekali dengan Program  Bhakti TNI, dan  sangat bermanfaat sekali, mengingat stok darah di Kabupaten Jember sering kekurangan,” pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Kesehatan ,Sosial Budaya

No comments: