"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, March 2, 2016

Dandim Jember Ancam Pecat Anggota TNI Terlibat Narkoba

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk  cegah dan menseterilkan anggota TNI dari penyalahgunaan narkoba Komando Distrik Militer (Kodim) 0824, gandeng Satuan Reserse Narkoba Polres Jember Rabu (2/3) Gelar tes urin.

Pihaknya meminta bantuan Polres karena keterbatasan alat. “Jika ada yang Tanya, masak TNI diperiksa polisi apa dasarnya? Dasarnya, perintah Panglima TNI untuk membersihkan anggota dari narkoba,” Tegas Komando Kodim Jember Letkol, TNI  Inf Muhammad Nas, S.IP saat memeriksa hasih tes urine di Makodim Jember

M Nas juga menegaskan pemeriksaan itu sebenarnya tetap dilakukan oleh internal TNI.  namun karena keterbatasan alat, sehingga Kodim Jember bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan tes urin. seluruh anggota kita periksa ,mulai dari  Tamtama, Bintara, Perwira, dan juga PNS”paparnya

Untuk hari ini sambung M Nas, ada 112 dari 534 anggota yang diperiksa sample urinnya,akan diperiksa menyusul. karena tes urin ini akan dilakukan bertahap, dari 112 anggota TNI yang menjalani tes urin hari ini semua negative dan tidak terindukasi  menggunakan Narkoba”ujarnya

Meski hasilnya negative pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap anggota, baik secara tertutup maupun terbuka. Jadi jangan sampai ada anggapan bahwa  mengkonsumsi narkoba bersama anggota TNI dan polri aman. Jika terbukti ada yang menggunakan narkoba hukumannya lima huruf “PECAT” tegasnya.

Menurutnya, hukuman itu sesuai dengan intruksi Panglima TNI yang menyatakan bahwa personil yang terbukti positif menggunakan narkoba harus dikeluarkan dari satuan TNI. Karena sebagai aparatur negara, TNI wajib menjadi contoh dan panutan masyarakat. 

Untuk menunjukkan komitmennya, selanjutnya Moch Nas membuka diri apabila polisi mengadakan operasi pemberantasan narkoba yang terindikasi ada keterlibatan TNI. Sehingga harapannya anggota TNI di jember benar-benar bersih dari narkoba”pungkasnya.

Pasalnya pelaksanaan Tes Urine yang saat ini bekerja sama dengan Satnarkoba Polres Jember, sudah menjadi Program Internal, karena hal ini merupakan atensi dari pimpinan Pusat, sebagai dampak dari penggunan narkoba yang sudah masuk ke jajaran Polri dan TNI serta masyarakat sipil,

“Kegiatan ini akan kita lakukan bertahap, seluruh personil dipastikan akan menjalani tes urine, apabila ternyata ditemukan salah-satu anggotanya kedapatan posif mengunakan narkoba, sesuai dengan petunjuk Panglima TNI, tindakannya sangat tegas yaitu pemecatan“  Pungkas M Nas. (edw/pun)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: