"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, March 13, 2016

Disamping Kopdar, Fiat Club Jember Juga Gelar Bakti Sosial

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah mobil klasik Minggu (13/3) berjajar rapi di pintu masuk Dira Water Park, di Kecamatan Ambulu,  Empat sebelah kanan dan lima mobil berada di sisi kiri gerbang masuk lokasi wisata itu.

Mobil-mobil kuno ini, merupakan anggota Fiat Club dari empat kabupaten se - Eks Karisidenan Besuki, seperti Kabupaten Jember, Lumajang, Banyuwangi dan Situbondo. “Sebenarnya untuk Jember saja, anggotanya ada 20, namun sebagian berhalangan hadir,” kata Ketua Fiat Club Jember, Hartadi.

Menurut dia, agenda kopdar itu rutin dilaksanakan tiga bulan sekali, dengan lokasi berpindah-pindah antar kabupaten.  “Untuk pertemuan depan, kita ngumpul di Lumajang. Dan setiap kopdar kita juga mengajak keluarga, biar lebih dekat dengan yang lainnya,” ujarnya.

Hartadi menuturkan, setiap kopdar, suasana dibangun seakrab mungkin, sehingga bisa saling bertukar ide mengenai seputar kendaraan, kegiatan club, hingga aktifitas sosial yang akan dilakukan. “Biasanya kita juga sharing-sharing bagaimana cara merawat mobil dengan baik, serta suku cadang apa yang bisa dipakai jika tak menemukan sparepart aslinya,” tuturnya.

Selanjutnya, dari obrolan santai itu, kemudian mengarah ke hal-hal yang lebih serius, mengenai bakti sosial, maupun event lainnya. “Rencananya, Desember tahun ini kita juga akan mengadakan Jambore Nasional Fiat Club se Jawa-Bali, yang akan diselenggarakan di Jember. Pertemuan kali ini, kita juga bahas persiapan itu,” paparnya.

Selain kopdar, para pecinta mobil kuno buatan Italy ini juga kerap mengadakan bakti sosial (baksos), baik yang dilaksanakan club tingkat local maupun yang diorganisir oleh tingkat nasional. Aktifitas sosial ini, mereka tujukan untuk meningkatkan kepedulian anggota club terhadap lingkungan dan alam, yang mereka sebut go green.

Agendanya, dengan membuat penghijauan di sejumlah wilayah di seluruh Indonesia. “Akhir bulan ini, kita juga mengadakan go green di Tasimalaya, Jawa Barat, yang dibarengkan dengan ulang tahun Fiat Club Tasikmalaya,” jelas Hartadi.

Bahkan, agenda baksos kadang dilaksanakan secara spontan. Baik menyantuni orang kurang mampu, maupun bencana alam,.  Seperti awal 2006 lalu, ketika banjir bandang menerjang Panti, Jember, Fiat Club juga menggelar baksos dengan membagikan sembako, pakaian dan perlengkapan untuk perempuan.

Tidak hanya sekedar kumpul-kumpul, tapi juga membangun kepedulian “Jadi, tidak hanya sekedar kumpul-kumpul saja, tapi kami juga membangun kepedulian terhadap sesama dan alam,” tandas pria yang juga ketua Ikatan Motor Pos Indonesia (IMPI) tersebut. (ruz)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: