"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 18 Maret 2016

Harga Kebutuhan Pokok Di Jember Kian Meroket

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah komoditi kebutuhan pokok di Jember Jawa Timur, mengalami kenaikan, terutama harga cabai, bawang, serta sayur mayur. Kenaikan bervariasi, bahkan ada yang mencapai hingga 450 persen.

"Beberapa minggu lalu harga cabai kecil masih Rp 6 ribu, sekarang sudah Rp 22 ribu. Sementara untuk cabai besar naik sangat tinggi, dari yang sebelumnya Rp 10 ribu menjadi Rp 50 ribu perkilogramnya," ujar Kaminah (55), salah seorang pedagang di Pasar Baru Kencong. Jumat (19/3)

Kenaikan harga cabai diikuti komoditi lainnya seperti bawang, baik bawang merah maupun bawang putih. Meski tak setinggi harga cabai, naiknya harga bawang juga dirasa cukup besar. "Bawang merah saat ini Rp 34 ribu, dari sebelumnya Rp 18 ribu. Sedangkan bawang putih mencapai Rp 31 rib dari Rp 24 ribu," kata Kaminah.

Hal ini juga berimbas terhadap harga sayur mayor, bahkan, kenaikannya mencapai 100 persen lebih. "Tomat misalnya, sekarang harganya tembus Rp 12 ribu yang awalnya hanya Rp 5 ribu. Terus sayuran seperti terong dan kangkung juga ikut naik, dari semula Rp 3 ribu menjadi Rp 7 ribu perkilogramnya," jelas Kaminah.

Naiknya harga tersebut, membuat keuntungan menipis. Karena modal yang keluarkan bertambah, sementara jumlah barang yang mampu dijual berkurang, karena menurunnya jumlah pembeli di lapaknya. "Jadi untuk menyiasatinya, saya jual eceran, yang sudah saya bungkus pakai plastik," imbuhnya (lum/gofur)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: