"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 11 Maret 2016

Pelaksanaan PIN di Jember Capai 97 Persen

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pelaksanaan Program Nasional Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Jember yang dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga  5 Maret 2016 sudah mencapai 97 persen dari 128 ribu sasaran.

Pelaksanaan PIN 2016 bisa dikategorikan berhasil, dengan keberhasilan ini diharapkan kedepan tidak terdengar lagi adanya kasus penderita polio, khususnya terhadap anak-anak. Demikian diungkapkan Yumarlis Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Jember ketika ditemui wartawan diruang kerjanya, Jum’at (11/3).

“Jika seseorang terkena polio dan ia tidak terimunisasi maka akan berakibat fatal, yakni bisa mengakibatkan kelumpuhan permanen. Dan apabila sudah lumpuh maka kelumpuhan tersebut akan menjadi beban bagi penderitanya,” ucapnya.

Yumarlis bersyukur saat ini kasus polio tidak terdengar, tidak seperti 20-25 tahun lalu. Sebenarnya imunisasi polio ini diberikan setiap saat. “kita tidak bosan-bosannya melakukan penerangan pentingnya imunisasi, untuk itu kita terus akan mensosialisasikannya ke masyarakat,” imbuhnya.

Wiwik Sriwinangsih Ketua PKK Kecamatan Jelbuk mengapresiasi ini. “Alhamdulillah masyarakat Jelbuk antusias mengikuti PIN ini, bisa dipastikan tingkat kehadirannya mencapai 99 persen. Ia berharap kedepannya masyarakat terus menggalakan imunisasi sehingga balita-balitanya terhindar dari bermacam-macam penyakit,” tuturnya.

Polio merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf sehingga penderita menderita kelumpuhan. Penyakit yang pada umumnya menyerang anak umur 0 - 3 tahun ini ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher dan sakit di tungkai dan lengan.

Upaya pencegahan dan pemberantasan polio, ditindaklanjuti dengan kegiatan surveilans epidemiologi secara aktif terhadap kasus - kasus Acute Flaccid Paralysis (AFP) kelompok umur <15 tahun dalam kurun waktu tertentu guna mencari kemungkinan adanya virus polio liar yang berkembang di masyarakat. 

AFP merupakan kondisi abnormal ketika seseorang mengalami penurunan kekuatan otot tanpa penyebab yang jelas dan dapat mengakibatkan kelumpuhan. Setelah dilaksanakan PIN tiga tahun berturut - turut pada tahun 1995, 1996 dan 1997, virus polio liar asli Indonesia sudah tidak ditemukan lagi sejak tahun 1996. (midd)

Berita Terkait Kesehatan

Tidak ada komentar: