"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, March 23, 2016

Wereng Coklat Serang Ratusan Hektar Padi Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Ratusan hektar tanaman padi milik petani di kabupaten Jember Jawa Timur terserang hama wereng batang coklat. Hingga  pertengahan Maret 2016, tercatat 22 dari 31 Kecamatan yang terjangkit.

Diantara nya adalah Balung mencapai 22,15 HA,Gumuk mas 10,5 HA,Wuluhan 12 HA, Jombang 7,7 HA, Puger 36,75 HA,Tempurejo 27,5 HA, Jelbuk 26,5 HA, Sumberjambe 9,2 HA. Demikian diungkapkan  oleh Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Pemkab Jember Abd Halim Rabu (23/3).

Kepada sejumlah media Halim menuturkan terjadinya serangan hama wereng batang coklat karena adanya Anomali dan cuaca yang tidak menentu dengan intensitas serangan ringan, berat dan Puso yang mengakibatkan sejumlah petani merugi hingga ratusan juta rupiah.

“Untuk mengatasinya, Dinas Pertanian terus melakukan gerakan pengendalian siaran keliling tentang kewaspadaan Operasi Pengendalian Tanaman (OPT), serta memberikan bantuan obat hama berupa Pekstisida yang dibantu oleh Laboratorium Pengamat Hama Penyakit Tanaman Pangan”. Jelasnya

Di harapkan dengan langkah-langkah tersebut bisa membantu petani untuk menanggulangi seragan hama yang kerap menghantui para petani. Disamping itu para petani diharapkan mengikuti petunjuk teknis yang telah di berikan oleh Dinas Pertanian agar cara dan pengobatanya bisa efektif dan manjur.

Sementaraitu  para petani merasa senang dengan bantuan dengan kesigapan Dinas Pertanian Jember atas persoalan  dialami para petani di bawah. Para petani berharap agar hama wereng yang selama ini menghantui para petani bisa segera dapat diatasi.(eros/jok)

Berita Terkait Pertanian

No comments: