"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, April 2, 2016

Jember Cetuskan Gerakan Jember Membatik

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menggeliatnya kerajinan batik khas Jember, membuat Pemkab, gagas Gerakan Jember Membatik. Langkah ini sebagai upaya mendorong dan mempromosikan agar dikenal masyarakat luas.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk mempromosikan batik Jember. agar dikenal luas oleh masyarakat,” Demikian kata Wakil Bupati Jember, Abdul Muqit Arif, usai membuka Gerakan Jember Membatik, di Padepokan Arum Sabil, Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Sabtu sore (2/4).

Dinas terkait diahap terus mendampingi. Bahkan, Bupati dan Wakil Bupati siap mempromosikan langsung agar batik Jember semakin dikenal masyarakat. “Secara pribadi, saya dan bupati siap untuk menjadi tenaga pemasaran produk batik asli Jember,” ujar pejabat yang akrab disapa Kiai Muqit tersebut.

Kiai Muqit menyebut, upaya pemasaran keluar daerah yang akan dilakukan olehnya adalah dengan mengenakan pakaian batik Jember saat acara-acara diluar daerah. “Termasuk jika ada pihak yang ingin mengangkat batik Jember di tingkat nasional, kami selalu siap jika dibutuhkan,” jelasnya.

Menurut Kiai Muqit, minimnya apresiasi terhadap batik Jember, karena selama ini aspek promosi dianggap masih lemah. Sehingga pemerintah berkepentingan untuk terus mendorong pengenalan batik tersebut. “Terutama pengenalan terhadap kaula mudanya,” tuturnya.

Arum Sabil, menyebut, jika batik juga merupakan karya seni. Karena dalam aktivitasnya memadukan antara peralatan, fikiran dan hati. “Sebelum mengenal batik, pemahaman awam saya mengatakan kalau membatik itu hanya pertemuan antara kain dan tinta. Ternyata, ada keikutsertaan fikiran dan hati juga,” paparnya.

Agenda Gerakan Jember Membatik ini, kemudian dianjutkan dengan pemilihan Finalis Duta Batik Jember, yang acara puncaknya akan digelar di Alun-alun Jember, 9 April mendatang. “tak hanya untuk mempromosikan batik semata, melainkan juga mengenalkan Jember yang penuh pesona.” katanya. (ruz)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: