"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, April 25, 2016

Pemkab Jember Gali Potensi Wisata Jember Baru

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Potensi perkebunan, dengan jumlah luas baik kebun tembakau, kopi maupun coklat jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hal inilah yang akan dikemangkan oleh Pemkab Jember.

Untuk itu Wakil Bupati Jember Kyai Muqit Senin (25/4) mengunjungi Kantor Unit Pelaksana Teknis Pengujian Sertifikasi Mutu Barang-Lembaga Tembakau (UPT PSMB-LT) dan Laboratorium Uji Rokok dan Tembakau yang terletak di jalan Kalimatan Kelurahan Sumbersari.

Asisten Ekbang dan Kesra Pemkab Jember Drs.H.M.Thamrin, MM, Kabag Humas Setkab Jember, Ir.Zainal Abidin, MM, Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Sandi Suwardi Hasan SAg, MSi, dan sejumlah pejabat nampak mendampingi Wakil Bupati Jember Kyai Muqit .

Dalam kunjungannya Wabup Kyai Muqit meminta UPT PSMB-LT turut serta dalam pemberdayaan petani tembakau melalui ilmu budidaya tembakau. “Bagaimana cara menghasilkan mutu tembakau yang baik, ini harus melibatkan lembaga yang berkompeten, dan lembaga inilah yang faham benar akan hal tersebut,” kata Wabup.

Sementara itu Kepala UPT PSMB-LT Ir. Desak Nyoman Siksiawati, MMA menyatakan bahwa lembaganya selama ini juga sudah melakukan sejumlah hal, antara lain membantu petani tembakau dengan pembuatan pestisida tembakau, sosialisasi budidaya tanam tembakau yang baik dan cara pengolahan pasca panen.

“ Lembaga kami base-nya adalah lembaga pengujian mutu, jadi mutu adalah tujuan utama. Sementara terkait dengan destinasi wisata edukasi, pihak kami sangat mendukung program tersebut, sebagai ciri khas Jember sebagai kota tembakau,” ucapnya.

Setelah melakukan kunjungan di Kantor UPT PSMB-LT kemudian dilanjutkan ke perusahaan pengelola tembakau, Wakil Bupati Jember Kyai Muqit juga mengunjungi Puslit Kopi dan Kakao. Kyai Muqit juga mengapresiasi kinerja Puslit Kopi dan Kakao Kabupaten Jember.

"Puslit saat ini sudah lengkap, wisata religi ada, wisata edukasi juga ada dan sehingga akan dijadikan sebagai salah satu paket destinasi wisata yang ada di Kabupaten Jember,"ungkap Wabup Kyai Muqit.

Wakil Bupati Jember Kyai Muqit berharap tembakau sebagai icon Jember tetap akan mendapat perhatian serius dari Pemkab Jember. Potensi pertanian ini menjadi destinasi unggulan untuk Wisata Agro sekaligus Wisata Edukasi di Kabupaten Jember. (midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: