"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, April 21, 2016

Raden Ajeng Kartini Simbol Wanita Teladan Indonesia

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Raden Ajeng Kartini merupakan sosok perempuan pejuang emansipasi Wanita yang patut diteladani. Sosok perempuan yang patut diteladani dan pembuka inspiratif untuk kemajuan Wanita. Bangsa dan Negara Indonesia.

lahir dari seorang Ibu bernama MA Ngasirah garis keturunan seorang Ulama dari Dusun Teluk Kawur, Ayah  Kartini bernama R.M Sosroningrat yang merupakan Putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang Bangsawan yang menjabat Bupati Jepara, Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara Jawa Tengah.

Demikian kata Wakil Kepala Sekolah SMP PGRI Jenggawah, Evi Agustin menganggapi peringatan hari Kartini, Menurutnya, tekat dan semangatnya, patut kita apresiasi, sehingga sekarang, perempuan tidak hanya sejajar dengan kaum pria., tapi mempunyai kesempatan yang sama membangun bangsa.  

Dengan tema hari Kartini pada tahun ini adalah, menginspirasi generasi berprestasi menjadi insan berbudi pekerti dalam emansipasi Wanita di era globalisasi seperti saat ini, di harapkan kedepan banyak Wanita yang mampu menunjukkan kiprahnya di segala bidang, “namun demikian jangan melupakan kodratnya sebagai Wanita yang lembut dan penuh kasih,’’terangnya  Jumat (21/4)

Sosok Kartini merupakan cermin kebangkitan kaum Perempuan dari ketidak berdayaan pada saat itu,ia adalah Perempuan yang pantang menyerah,ulet,dan pekerja keras.walau di lahirkan dalam keluarga Bangsawan,namun tidak membuat Kartini berbangga diri.dalam tiap kesempatan ia selalu mencetuskan ide dan memperjuangkan nasib kaum Perempaun dari keterpurukan,’’urai Agustin.

Lebih jauh Agustin menerangkan,’’Memaknai hari Kartini baik di lembaga Pemerintah maupun Swasta di Kabupaten Jember selalu mengadakan kegiatan lomba,seperti yang di laksanakan di SMP PGRI Jenggawah.ada beberapa jenis lomba yang di tampilkan di ataranya berbusana ala Kartini yang di peragakan melalui Fasion Show,lomba memasak,lomba olah vocal,dan masih banyak lagi yang lainya.

ini bukan hanya sekedar memperingati hari Kartini saja.melainkan juga,untuk mengambil hikmah atas apa yang telah di perjuangkan agar kedepan para kaum Wanita mampu bersaing di kancah Nasional maupun Internasional,’’pungkas Agustin. (jok/eros)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: