"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, July 19, 2016

Ruang Kelas Ambruk, Puluhan Siswa SD Di Jember Belajar Di Mushola

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Meski sudah memasuki tahun ajaran baru 2016-2017, bangunan sekolah yang ambruk masih belum dibangun. Akibatnya sejumlah siswa SDN 04 Suci, Panti, terpaksa harus belajar di mushala warga.

Kondisi sudah berlangsung hampir setahun terakhir, hal ini menyusul sejak ambruknya 3 ruang kelas sekolah mereka. “Kami memilih memindahkan siswa ke mushala karena faktor keamanan,” kata Yuliastuti, salah-satu guru di sekolah setempat, Selasa (19/7).

Para siswa sempat belajar di teras kelas sebelum pindah ke tempat ibadah tersebut. “Saya kasihan, karena siswa tak dapat berkonsentrasi mengikuti pelajaran. Karena selain mushalanya juga sering bocor saat hujan, sementara di tempat itu juga tidak ada bangkunya,” jelasnya.

Pantauan di lokasi bahwa, bangunan gedung SDN 04 Suci ini terdiri dari tiga ruang kelas, serta satu ruang guru. Untuk menampung para siswa, satu kelas dipisah dengan triplek. Namun saat ini, kondisi bangunan sekolah tersebut porak poranda karena diterjang angin kencang dan hujan deras.

Tampak hanya sedikit bangunan sekolah di lereng pegunungan Argopuro yang utuh. Sisanya hampir seluruh atap bangunan sekolah ambruk. Ruang-ruang kelas juga nyaris rata dengan tanah. Sebenarnya, pihak sekolah sudah berulang kali melaporkan kondisi ini ke Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember.

Pihak sekolah sebenarnya sudah mengajukan perbaikan sejak bangunan sekolah mengalami kerusakan ringan. Namun hingga bangunan tersebut bobrok, tak ada tanggapan sama sekali. Bahkan pihak dinas Pendidikan Jember, belum pernah datang untuk melihat kondisi bangunan sekolah.

Kepala Dispendik Jember, Bambang Hariyono mengelak jika pihaknya dituding tak merespon pengajuan perbaikan gedung sekolah tersebut. Menurutnya, dinas telah mengajukannya pada tahun anggaran 2016 ini. “Ya nanti secepatnya kita selesaikan. Prinsipnya segera (diperbaiki),” ujarnya

Bambang juga membantah kalau ambruknya gedung sekolah itu telah lama terjadi. Dia menuturkan, kondisi tersebut baru saja terjadi di tahun ini. “Itu kan sekolah kecil dan baru saja (ambruk),” katanya, sembari berlalu meninggalkan sejumlah wartawan di Pemkab Jember. (ruz)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: