"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, August 30, 2016

Event JFC, Dongkrak Kunjungan Wisatawan Ke Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Selama digelarnya sejumlah even, di sepanjang Agustus 2016, jumlah wisatawan domistik maupun mancanegara yang berkunjung di Jember Jawa Timur mengalami peningkatan.

Kenaikan kunjungan ini lantaran pada bulan tersebut ada agenda besar dan kegiatan bertaraf Internasional seperti Jember Fashion Carnaval (JFC), Acara Talk Show Mata Najwa On Stage, serta serangkaian kegiatan lainnya juga menyumbang  jumlah kunjungan wisata ke Jember.

Ada sekira 800 ribu wisatawan domestic, dan 200 wisatawan mancanegara yang hadir. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Pariwisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember M Satuki kepada sejumlah wartawan baik cetak maupun elektronik Selasa (30/8).

Menurut Satuki, layanan hotel dan Homestay-homestay juga penuh, sehingga sejumlah wisatawan terpaksa nginap kabupaten Lumajang dan Bondowoso. “ada tamu Pemkab yang kami inapkan di rumah pribadi milik teman dan kenalan. Mereka semua welcome karena acara ini adalah hajat masyarakat Jember,” ujarnya.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan pada event berikutnya, diantaranya mengenai ketersediaan souvenir khas Jember serta tempat promosi dan display souvenir tersebut. “Kedepan memang harus bersinergi dengan Disperindag, agar pelaku usaha kreatif bisa memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya,” tuturnya.

Yang tak kalah penting juga Peta Wisata, karena wisatawan tak hanya ingin melihat JFC, tapi juga ke tempat wisata, seperti Pantai Papuma, Watu Ulo, Payangan dan tempat-tempat lainnya. “Soal peta wisata kami sudah mengajak bicara insan pariwisata di Jember. Semoga saja dalam waktu dekat bisa teralisasi,” imbuhnya.

Satuki berharap tempat pariwisata Jember ke depan akan semakin lebih maju dan berkembang, sehingga bisa menarik para wisatawan baik lokal, regional, nasional maupun wisatawan mancanegara, dampaknya bisa  memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan perekonomian rakyat Jember.

Diberitakan sebelumnya bahwa  Jember Fashion Carnaval (JFC) yang ke 15 tahun 2016 yang digelar sejak Rabu hingga Minggu (24-28/8), menghipnotis ratusan ribu penonton baik dari wisatawan lokal, regional maupun mancanegara.

Mereka yang datang di Kota carnaval terbesar di Asia ini, tidak hanya berasal dari warga Jember saja namun juga dari kabupaten/kota sekitar seperti Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Probolonggo, Pasuruan, Malang, Madura, Surabaya, Jakarta, Luar Jawa bahkan turis Asing dari beberapa Negara.

Pelopor karnaval modern Indonesia sekaligus best carnaval Indonesia tahun ini mengusung tema besar R E V I V A L (Kebangkitan Bangsa Indonesia diberbagai bidang)  berisi 10 tema gerakan moral antara lain Garuda, Refugees, Olympic, Hortus, Chandelier, Woods, Ocean, Technocyber, Paradisaea dan Barong.

Sepuluh tema diatas ditampilkan selama 4 hari berturut-turut, diikuti ribuan defile mulai dari peserta Kid Carnival, Art Wear Carnival dan Grand Carnival.  Kids Carnival dimulai pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2016 Diperagakan oleh anak-anak.

Sementara Talk Show Mata Najwa On Sage (MOS) di Jember Sport Garden (JSG) yang digelar tanggal 27 Agistus 2016 berhasil pecahkan rekor muri. Acara yang dihadiri 35 ribu penonton ini bakal diusulkan sebagai talkshow dengan peserta terbanyak di dunia.

Talk show bertema Perempuan Penentu kali ini, dihadiri 3 bintang tamu yanh sangat Istimewa, yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (midd/eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: