"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, August 2, 2016

Sejumlah Mesin Pengolah Emas “Gelondong” Di Jember Masih Beraktivitas

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Masih beroperasinya sejumlah mesin pengolah emas (Glondong) di sekitar tambang emas illegal di kecamatan Wuluhan yang hingga kini masih beraktifitas mendapat sorotan aktifis lingkungan.

Padahal penambangan emas ilegal di Gunung Manggar Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan, telah ditutup total oleh Pemerintah Daerah bersama Muspida dan Perhutani, bahkan dijaga ketat. Namun anehnya, hingga kini kok masih kerap dijumpai orang-orang yang masih mengolah emas.

“Kami selaku aktifis sekaligus tokoh pemuda setempat, berharap Pemerintah Daerah dan aparat keamanan  agar proaktif dan lebih tegas," kata Sudarsan, salah satu aktifis lingkungan Kecamatan Wuluhan,  sekaligus tokoh pemuda setempat saat ditemui sejumlah media Selasa (2/8).

Lebih jauh Darsan menggambarkan bahwa masalah tersebut bukan lagi masalah penggali tambang ilegal dan lain sebagainya, namun sudah menjadi masalah lingkungan.  “ Saya khawatir bila ini terus didiamkan tanpa adanya pengawasan dari aparat penegak hukum, akan berdampak kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pihaknya berharap masalah tersebut agar secepatnya diselesaikan, agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan yang lebih besar. Mengingat saat ini intensitas curah hujan mulai menurun.  Yang menjadi kekhawatiran, limbah dari Glondong itu langsung dibuang kesungai.

“Kalau dibiarkan, lama-lama akan semakin menumpuk dan akan mempengaruhi jalannya arus sungai. Bila terjadi hujan besar, dampaknya dikhawatirkan akan menimbulkan banjir bamdamg, dan yang menanggung akibatnya tetap masyarakat," pungkasnya.(jok/midd)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: