"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, September 4, 2016

Peringatan Kemerdekaan RI Hidupkan Seni dan Budaya Lokal

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk melestarikan kesenian dan budaya local, dalam puncak peringatan Hari ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ditampilkan kesenian tradisional berupa ta’ butha’ an dan kuda lumping.

Penampilan dilaksanakan sebelum acara gebyar music dangdut sebagai acara puncak HUT RI di Desa Sumberjeruk Kecamatan Kalisat sangat meriah. Sejak sore arak-arakan ta’butha’an dan kuda lumping serta sepeda kuno yang berangkat mulai dari kantor Desa menuju lapangan.

Sebagian besar masyarakat dilapangan tampak antusias ikut menikmati suasana kemeriahan. Tak ketinggalan Kepala Desa Sumberjeruk Totok dan istri ikut bergoyang. Suasana semakin meriah, ketika panitia membagikan hadiah untuk pemenang lomba karnaval.

Menurut Kepala Desa Sumberjeruk Totok, masyarakat beserta perangkat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat kompak mendukung HUT, mulai dari lomba tingkat anak-anak hingga karnaval. “Bahkan pada saat acara puncak tampak semakin meriah” katanya Minggu, (4/9).

Totok menambahkan mengingat animo masyarakat yang begitu besar terhadap kegiatan positif semacam pagelaran seni, tidak menutup kemungkinan pada tahun yang akan datang bisa lebih meriah lagi atas dukungan semua warga dan masyarakat Desa Sumber Jeruk.

“Tidak menutup kemungkinan ditahun depan kami mengadakan acara yang lebih meriah lagi dengan memperbanyak ragam seni dan budaya local Jember agar lebih masyarakat terutama anak-anak hingga remaja yang merupakan generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Sementara itu, panitia menyiapkan petugas keamanan dari satuan Polsek dan Koramil Kalisat yang dibantu oleh kesatuan Yon Armed 8. ”Biasanya kalau hiburan dangdut tidak lepas dari tawuran, kami sebagai panitia melibatkan aparat jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kami inginkan, ”tuturnya.

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: