"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, September 4, 2016

Puluhan DPC Tolak Terpilihnya Ketua DPD PAN Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Musyawah Daerah (Musda) Partai Amanat Nasionl (PAN) kabupaten Jember yang digelar Kamis (18/8) bulan lalu, di Hotel Panorama Jember, mengalami deadlocked dan gagal memilih ketua yang baru.

Pasalnya salah seorang formatur mundur, sehingga proses selanjutnya diserahkan kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Timur, namun Ketika DPW mengeluarkan Surat Keputusan (SK), yang menunjuk Ketua terpilih, Lilik Niamah, formatur tanggal, ditolak sejumlah Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

“Sebenarnya, sejak awal, Kami bersama 23 DPC dari 31 DPC menolak Lilik Niamah dalam Musyawarah Daerah (Musda) PAN Jember.” Ungkap koordinator aksi, Dwi Purbadi saat mendatangi kantor DPD Jl, Jaya Negara, Kelurahan / Kecamatan Kaliwates, bersama puluhan massa,  Minggu petang (4/9)

Alasan pennolakan tersebut, lantaran Lilik Ni’amah dianggap bukan Kader asli partai dan karena masih baru. “Saya kira masih ada dan banyak kader-kader yang lebih proposional dan mampu memimpin PAN di kabupaten Jember lima tahun kedepan.”Jelas ketua DPC Kalisat ini.

Sehingga mereka melakukan protes, dan meminta agar Dewan Pimpinan Pusat  (DPP) PAN menganulir dan membatalkan SK DPW kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD), “Kami berharap aspirasi dari bawah ini akan diperhatikan.” Pungkasnya.

Ketua terpilih Lilik Ni’amah, membenarkan dirinya menerima mandate “Penunjukan Formatur tunggal saya, berdasarkan SK dari DPW PAN Jawa Timur, tertanggal (27/8/2016).” Jelas ketua yang kepastian terpilihnya diumumkan Wakil Ketua DPW PAN, Ali Mu'thi, dalam Press Conprence di Jember Kamis (1/9/2016).

Penolakan SK DPW itu, menurut mantan Anggota DPRD Jember PKS ini hak mereka, “Politik itu pilihan, kami tidak bisa memaksa, tapi sebagai ketua terpilih, saya pastikan untuk melakukan konsulidasi dengan Ketua DPC.” Kata Legislator perempuan yang kali ini jugs kembali terpilih dari Partai Bentukan Amin Rais ini

Sambil berjalanya waktu dirinya akan mengajak mereka bicara, untuk mengkonsulidasikan. Pada prinsipnya, tidak ada yang dibuang, semuanya diokomudIr membesarkan PAN,  “Ketua itu bukan segala-galanya, ketua tugasnya memenet partai ini menjadi partai yang besar” jelasnya.

Diakhir pembicaraannya, mantan anggota DPRD Fraksi Partai Keadilan Sejahter (PKS) ini menyampaikan bahwa, yang sesungguhnya menjadi tujuan awal membangun kebajikan melalui kebijakan, dan berhikmat untuk kebaikan umat, bersama-sama yang mau dengan Saya.

Perlu diketahui pelaksanaan Musda IV berakhir deadlock, lantaran satu dari empat formatur yang dipilih dalam rapat pleno menyatakan mengundurkan diri, akibatnya tidak bisa memilih ketua DPD untuk periode lima tahun ke depan, sehingga dinyatakan deadlock,  proses selanjutnya diserahkan kepada DPD PAN Jatim.

Pemilihan ketua dalam Musda IV PAN Kabupaten Jember yang diselenggarakan di Hotel Panorama, Kamis (18/8) ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Jika sebelumnya melalui pemilihan, sekarang menggunakan sistim musyawarah Mufakat dengan mekanisme formatur, formaturlah memilih ketua.

Dalam Musda tersebut terpilih Lima orang formatur. Ke lima nama tersebut yakni Evi Lestari (Ketua DPD PAN Jember demisioner), Basuki Babussalam (unsur DPW). Lilik Niamah, Agus Widianto, dan Gembong Kausa Alam (Ketua DPC Ledokombo).

Sebelum rapat formatur digelar, muncul intrupsi dari sejumlah perserta, terkait munculnya nama Lilik Niamah sebagai kandidat ketua. Satu per satu mereka menyampaikan pendapat, bahkan sempat seorang pengurus DPC mendapat peringatan, karena dinilai bakal menimbulkan kekisruhan.

Meski mendapat hujan interupsi, tim formatur melanjutkan rapat. Namun, tak sampai berlangsung lama, rapat selesai. Basuki pun mengumumkan bahwa salah seorang anggota formatur mengundurkan diri. Karena itu, kewenangan dikembalikan ke DPW. (edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: