"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, October 26, 2016

Kapolres Jember; Ciptakan Inovasi Dipersembahkan Untuk Indonesia

Bandung, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejak berbagai inovasi pelayanan publik digital diciptakan, Kapolres Jember, banjir apresiasi, bahkan Polres ujung timur pulau jawa ini jadi pusat perhatian di  Indonesia.

Setidaknya, hingga saat ini ada tujuh inovasi yang telah dirils. "Karena itu kami diundang dan hadir dalam Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian PANRB di Bandung," ujar Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, saat ditemui dalam di Bale Asri Pusdai, Bandung, Rabu (26/10).

Acara yang dibuka Menteri Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur  ini diselenggarakan untuk merealisasikan aspek transfer pengetahuan agar bisa menjadi fasilitator yang baik dalam mereplikasi inovasi pelayanan publik.  

Diantaranya, transfer aplikasi, keterampilan dan teknologi, secara substansi, transfer dan pertukaran ide-ide serta solusi.  Secara manajerial, juga disampaikan proses/sistem manajemen atau rangkaian proses pembuatan keputusan dan pengalokasian sumber daya yang dapat ditransfer dan disesuaikan.

Sabilul menuyampaikan rasa syukurnya, atas kehormatan sekaligus dapat  kesempatan ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini, dan dapat  bertemu dengan para innovator dari sejumlah Polres baik di lingkungan Polda Jatim, Polda Jatim Jabar,  Polda DIY, Ditlantas Polri,  Polres Jembrana serta dari intansi lain.

“Betapa tidak, forum ini menghadirkan inovator pelayanan publik terbaik di tanah air, yang telah memperoleh penghargaan dari Kementerian PANRB. Kami semakin terpacu untuk terus berinovasi. Never ending innovation," ujar mantan kapolres Bondowoso bersemangat.

Polres Jember merupakan salah satu jajaran yang paling banyak menelurkan embrio inovasi yaitu: 1. Program inovasinya berbasis IT, yakni Jember Police Online (Jempol).  2. WAR ( we are Ready) Kentongan online, aplikasi berbasis Android. 3. COP (case organizer program)  3. CJS onlibe, yakni sistem administrasi terpadu. 4. SP2HP online. 5.  Sistem alarm early warning crime preventation. 6. SAMSAT Home C are (HORE) 7. Registrasi Pendaftaran SIM secara online

Dalam pameran itu, dilakukan simulasi untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan,  Masing-masing kelompok simulasi mempresentasikan hasilnya dan berdiskusi bagaimana cara menghadapi kelemahan serta mempertahan kelebihan yang sudah didapat.

"Saya mohon doa dan dukungan agar Polres Jember bisa menunjukkan karya innovasi terbaiknya demi memperjuangkan  nama baik Polri dalam Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik. From Jember to our nation. Never ending innovation," pungkasnya. (ags/eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: