"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, October 7, 2016

Kemenpanrb Kagum Atas Pesatnya Inovasi Polres Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa mengaku kagum atas pesatnya inovasi yang ciptakan oleh jajararan Kepolosian Resort (Polres) Jember.

Pasalnya, selain memanfaatkan teknologi, juga turun langsung ke masyarakat sosialisasi inovasi tersebut. "Saya pernah dengar inovasi-inovasi di Polres Jember, tapi saya tidak tahu kalau inovasinya hebat seperti ini”.  Demikian disampaikan Diah usai meninjau inovasi pelayanan di Polres Jember, Jumat (7/10).

Dan yang paling kaget, kata Deputi Bidang Pelayanan Publik yang sebelumnya juga meninjau ke beberapa tempat di wilayah Sidoarjo, Gresik, Lamongan, dan Malang, bahwa Polres bisa berkolaborasi dengan jajaram penegak hukum lainnya ”Saya kaget mereka bisa berkolaborasi dengan Kejaksaan, Pengadilan dan Lapas, ini sangat hebat," katanya

Diah mengatakan, peninjauan ini dalam rangka melihat lebih dekat inovasi yang dilakukan Polres Jember. Sebagai wilayah yang jumlah penduduknya cukup banyak, Provinsi Jawa Timur mengikutsertakan kompetisi inovasi pelayanan publik cukup banyak, khususnya dalam ranah kepolisian.

"Tidak hanya WAR (we are ready-red), tapi ada tiga inovasi yang pelaksanaannya berkolaborasi dengan instansi lain, ada juga Samsat Home Care (HORE). Inovasi ini sangat bermanfaat pada masyarakat, karena ada kemudahan-kemudahan dalam memberikan pelayanan dan transparan dalam pelaksanannya," kata Diah.

Diah berharap inovasi di Polres Jember bisa meningkatkan kinerja internal kepolisian dan dapat membangun sistem informasi yang baik. "Harapan kami inovasi ini juga dapat meningkatkan pendapatan daerah, mengingat pajak terbesar juga terdapat di layanan kepolisian seperti pajak STNK, SIM, dan sebagainya," katanya.

Diah hadir didampingi Sekretaris Kedeputian Pelayanan Publik Dwiyoga Prabowo disambut oleh Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif dan jajaran Polres Jember. Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif mengaku senang dengan apresiasi yang diberikan Kementerian PANRB.

Dikatakan, saat ini sudah ada beberapa daerah dan instansi yang datang untuk studi banding."Kami juga berharap pemerintah dan Kapolri mau menerima inovasi yang kami ciptakan ini. Meskipun masih sederhana tetapi kami akan terus mengembangkannya sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada," ujar Alif.

Adapun beberapa inovasi yang diciptakan oleh Polres Jember, menurut mantan Kapores Bondowoso ini  yaitu Pos Khidmat, Pos Wedang Cor, Pos Sagita, Jempol Nancep, Jember Suwar Suwir, WAR, Pentolan Online, Criminal Justice System, dan Samsat HORE. (eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: