"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, October 22, 2016

Ribuan Santri dan Pelajar se Cabang NU Kencong, Gelar Upacara HSN

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guna untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN), ribuan Santri Pondok Pesantren dan pelajar dibawah naungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kencong Jawa Timur, Sabtu (22/10) menggelar upacara.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa para suhada, dan menumbuhkan kembali semangat jihat yang pernah diserukan oleh Roisul akbar Nadhatul 'Ulama (Ketua Umum NU) Hadrotus Syaikh K.H. Hasyim Asy'ari untuk memerangi orang kafir yang merintangi kemerdekaan indonesia.

Kegiatan santri ini tampak menggemah, usai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN) tahun lalu. Sehingga jutaan para santri dan pelajar NU se antero Indonesia memperingatinya dengan upacara, kirap dan kegiatan keagamaan lainnya.

Tak terkecuali Pengurus NU cabang Kencong, seluruh jajarannya mulai dari Banom, lajnah Lembaga dari tingkatannya dari lima Wakil Cabang (MWC)  NU Kencong, Jombang, Puger, Gumukmas dan Umbulsari hingga ranting hari itu serempak gelar upacara peringatan HSN di lapangan kecamatan masing-masing.

Mereka terdiri dari dari Pengurus NU, Muslimat NU, Ansor, Fatayat, IPNU – IPPNU, ISNU, Pagar Nusa, LDNU, Sarbumusi, Jatman, JQH, RMI, LPNU, LP2NU, LKKNU, Lakpesdam, LPBNU, Laziznu, LWPNU, LBMNU, LTNU, LTMI, LPKNU, LFNU, dan LTNU, serta beberapa lembaga lainnya.

Menurut Ketua Suriyah NU Cabang kencong KH Khirzad Maddah, bahwa seumur hidupnya, dirinya baru kali ini menjadi inspiktur upacara “Saksuene uripku, lagi tahun 2016 aku dadi inspektur upaca” Kata Gus Yak biasa KH Khoirzat Maddah dipanggil usai memimpin Upacara Sabtu, (22/10)

Tak terkecuali para pelajar yang berada di bawal Lembaga Pendidikan Maarif NU, seperti yang tampak dilakukan ratusan pelajar SDNU Padomasan kecamatan Jombang, acara yang diikuti dewan guru dan masyarakat ini berjalan hikmat.

Kegiatan ini digelar guna untuk mengenang para santi terdahulu yang ikut serta mempertahankan kemerdekaan indonesia dengan mengangkat senjata melawan penjajah, setelah adanya intstruksi Resolusi Jihad dari Rois Akbar PBNU KH.Hasyim Asyari.

“siswa-siswi dan para santri pada hari ini harus dapat mengambil tauladan berupa semangat membela tanah air dari berbagai macam ancaman, tugas kita sebagai siswa-siswi adalah belajar dan belajar untuk menempa kemampuan dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang” kata kepala sekolah SDNU H Sulton.

Selesai upacara siswa-siswi melakukan pawai keliling desa dengan mengendarai sepedah, guna menyapa dan mensosialisasikan hari santri yang jatuh pada hari itu kepada masyarakat.  Uniknya sepedah yang dikendarai oleh siswa-siswi dihias sedemikian rupa sehingga menambah meriah perayaan ini.

“Kami menyediakan hadiah bagi para siswa, dari mulai sepedah dan alat-alat sekolah agar mereka semangat mengikuti acara ini, harapan kami acara ini dapat lestari dan dapat dilakukan oleh lembaga -lembaga lain di semua tingkatan” tutur ketua panitia kegiatan widia Ning Tiyas M.A. (eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: