Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Senin, 21 November 2016

Ekonomi Kerakyatan Merupakan Penopang Ekonomi Nasional

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sistem ekonomi kerakyatan harus terus didorong baik oleh pemerintahan pusat, Provinsi maupun kabupaten / kota, agar mereka dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kemandirian ekonomi rakyat merupakan kekuatan ekonomi nasional,  yang berfungsi sebagai penopang perekonomian negara dan daerah," Demikian kata Anggota DPRD Jatim, Muhammad Fawait, usai menyerahkan bantuan mobil operasional di Kantor MWC NU Jombang,  Senin sore (21/11).

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan beberapa program bantuan yang dikucurkan melalui rekomendasi legislatif.  Bantuan itu diberikan untuk pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun kelompok masyarakat (Pokmas) yang mendirikan usaha bersama.

Termasuk program yang dilaksanakan pada hari ini, “Kami menyerahkan batuan terhadap 40 kelompok pembudidaya ikan di kabupaten Jember yang tujuannya untuk membangun kemandirian ekonomi rakyat agar taraf hidupnya semakin baik" ujarnya.

Politisiasal Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Jember-Lumajang itu menuturkan, pada pemberian bantuan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena akan ada pedampingan ke masing-masing kelompok supaya usaha itu dapat berkelanjutan.

"Prinsipnya bagaimana usaha itu bisa berjalan terus dan berkembang, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat. Kalau usaha itu berkembang, pasti akan ada usaha lain yang menjadi turunan dari kegiatan usaha perikanan tersebut," jelasnya.

Pria yang kerap disapa Gus Fawaid itu juga menambahkan, usaha turunan itu nantinya diharapkan mampu menjadi nilai tambah bagi hasil perikanan yang dikembangkan masyarakat, yang berdampak kepada peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

"Selain itu, kami juga akan mendorong realisasi asuransi pada kampung-kampung nelayan di pesisir pantai selatan Jember. Program itu bertujuan untuk melindungi nelayan ketika terjadi musibah saat melaut, sehingga ada jaminan yang didapatkan  semestinya oleh keluarganya," Pungkasnya. (Lum/eros)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: