Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Minggu, 13 November 2016

Manisnya Jeruk Semboro Tak Semanis Nasib Petani

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Siapa yang tak tahu Jeruk Siem Semboro, memang manis rasanya, bentuknyapun juga unik, namun nasib petani buah lokal kebanggan warga Jember Jatim ini belum juga membaik.

Menurut, Puji, salah-satu petani Jeruk Semboro, bahwa beberapa hari terakhir ini harga ditingkat petani merosot sangat tajam., hari ini harga jeruk Semboro hanya di kisaran Rp 8000 - Rp 10.000 per kg, “bahkan beberapa minggu terakhir merosot hingga  kisaran Rp 4000-Rp 5000.” Keluhnya. Minggu, (13/11)

Dengan harga seperti itu, ia mengaku sangat merugi, padahal modal yang dibutuhkan untuk tiap hektarnya sangat besar sekali “Biaya per hektar bisa mencapai hingga 4 juta rupiah, dengan harga semurah itu mana mungkin bisa menutupi biaya yang dikeluarkan“ Keluhnya

Puji berharap, pemerintah Kabupaten Jember dapat melindungi potensi buah lokal Jeruk Semboro yang potensinya luar biasa ini.  harapan petani pemerintah, melindujngi, meniintervensi serta menjaga stabilitas harga Jeruk Semboro yang saat mulai memasuki panen raya.

Disamping itu pemerintah diharapkan dapat menyediakan kredit lunak, Ketersediaan pupuk bagi petani jeruk serta peremajaan akses jalan di sawah. “Saya berharap pemerintah dapat menyediakan kridit lunak, ketersediaan pupuk serta akses pasar serta akses jalan” Harapnya. (eros)

Berita Terkait Pertanian

Tidak ada komentar: