Segenap kru dan jajaran Redaksi Majalah Gempur Online mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2017"
Custom Search

Rabu, 09 November 2016

Presiden Jokowi Beri Bintang Jasa Mahaputra Untuk Letkol Moch Sroedji

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Rabu (9/11) memberikan penghargaan kepada tiga tokoh nasional yang dinilai berjasa dalam Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketiga tokoh itu yakni, almarhum KHR As'ad Syamsul Arifin (Situbondo) dapat gelar Pahlawan Nasional. Sementara almarhum Letkol Inf (Anumerta) Sroedji (Jember) dan almarhum Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta (Sulawesi Selatan) dianugerahi Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan anugerah Bintang Mahaputra Utama.

Penganugerahan penghargaan kepada almarhum Letkol Inf (Anumerta) Mohammad Sroedji(34), berdasar Kepres RI Nomor 91/TK/ 2016 tanggal 3 November 2016. Sroedji lahir di Bangkalan-Madura, (1/2/ 1915). Beliau meninggal ketika pertempuran melawan penjajah dan wafat akibat berondongan peluru pasukan Belanda tahun 1949.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jember Ir.H.Eko Heru Sunarso, MSi membenarkan hal tersebut. “Ya benar Letkol Sroedji bersama dengan Mayjen Andi Matalatta mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah yang disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi,” katanya.

Menurut Heru dari 13 nama tokoh yang diajukan tim dari Kementrian Sosial, hanya tiga sesuai penilaian, salah satunya Letkol Sroedji dari Jember Jawa Timur. “Pemberian penghargaan dari Presiden kepada ahli waris Letkol Sroedji dihadiri langsung oleh putri ke empat yang sekarang tinggal di Jakarta,” ujarnya.

Penghargaan itu sebagai bentuk penghormatan. “Kita patut berbangga, pejuang dari Jember dapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo, mudah-mudahan perjuangan biliau dapat dijadikan suritauladan, dan amal baiknya diterma serta mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT.” pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: