Translate

Iklan

Iklan

Tanamkan Jiwa Seni, SMAN 1 Jember Gelar Kreasi Budaya

11/11/16, 14:09 WIB Last Updated 2016-11-12T09:10:35Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hajatan kreasi seni dua tahunan kembali digelar. Acara bertajuk Kirana (Kibaran Seni Kreasi Arek Smasa) XV ini merupakan acara seni murni hasil kreasi siswa-siswi SMAN 1 Jember.

Acara ini diadakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar menampilkan seni budaya Indonesia yang mencakup seluruh sendi kehidupan masyarakat. Kirana ditujukan untuk menonjolkan segi non-akademis dari sekolah, mengingat selama ini SMAN 1 Jember dikenal dengan prestasi akademisnya.

Kegiatan  ini menampilkan semua ekskul. "Ada ekskul Paskibra, Teater Q-Sa, Katara (Tari), Bias (Jurnalistik), Paduan Suara, dan sebagainya. Jadi acara ini adalah representasi dari potensi seni siswa dan juga budaya masyarakat," ujar Waka Ur. Kesiswaan, Wiwik Astutiningsih, S.Pd, Jumat pagi (11/11).

Kegiatan ini akan diadakan di Edelweiss Grand Ballroom Cempaka Hotel, Sabtu (12/11) pukul 18.30 WIB.
Seluruh kepanitian akan diserahkan kepada siswa. "Penampil juga dari siswa. Dimaksudkan untuk menggali potensi siswa, agar dapat dijadikan bekal saat hidup bermasyarakat," imbuh Wiwik.

Kegiatan ini mengambil tema besar cerita rakyat 'Lutung Kasarung', Hal ini agar siswa mencintai budaya Indonesia, karena cerita rakyat mulai ditinggalkan. "Kisah Lutung Kasarung terdapat pesan moral bahwa niat buruk akan mengarahkan kita pada hasil yang buruk," imbuh Guru Bahasa Indonesia ini.

Beberapa jenis kesenian yang ditampilkan, yakni tari, teatrikal, musik, Tari Kera, Tari Prajurit, dan Tari Rakyat. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa mempelajari nilai-nilai dan norma sosial "Kreasi ini merupakan dari siswa, oleh siswa, dan untuk masyarakat”. Pungkas Wiwik. (eros/adt)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanamkan Jiwa Seni, SMAN 1 Jember Gelar Kreasi Budaya

Terkini

Close x