"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 26 Januari 2017

Ratusan Massa Desak Bupati Dan DPRD Jember Sahkan APBD 2017

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah elemen masyarakat, Kamis siang (26/1) mendatangi Kantor Pemkab dan DPRD Jember. Mereka mendesak Bupati dan DPRD Jember Jawa Timur segera menandatangani RAPBD 2017.

Jangan sampai hanya lantaran ketidakharmonisan hubungan antara Bupati Jember dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), lalu rakyat yang dikorbankan. Kepentingan rakyat seharusnya yang wajib di dahulukan daripada kepentingan pribadi maupun golongan.

Apa yang dibutuhkan rakyat, harus diutamakan. “DPRD adalah wakil rakyat yang wajib menyuarakan kepentingan rakyat, sedangkan Bupati orang tuannya yang sudah seharusnya mengayomi rakyat. Demikian orasi yang disampaikan Ketua ormas Pelopor H Rozi di depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

“Kedatangan saya tidak lain hanya untuk meluapkan isi hati, bahkan resah, karena selama setahun ini antara Bupati dan DPRD terus berantem, Kalau tidak cepat disudahi, rakyatlah yang jadi tumbalnya”. Keluhnya didepan Bupati, dr Faida, MMR, didampingi Kapolres Jember AKBP.Kusworo Wibowo SH,SIK,MH.

Menanggapi tuntutan itu, Bupati Jember dr Faida berjanji akan segera menindaklanjuti “Saya hadir dan duduk menemui rakyat (para pendemo), sebagai bukti bahwa saya tetep berkomitmen untuk kemajuan Jember dan rakyat sejahtera, untuk itu apapun akan kami lakukan,” Janjinya.

Faida yakin polemik ini akan dapat segera diakhiri, karena Gubernur jawa Timur menyampaikan bahwa plt Sekda legal secara hukum sebagai pimpinan anggaran Kabupaten Jember. Dengan demikian, APBD dapat ditandatangani, dan polimik ini akan dapat segera diakhiri.

Oleh karenanya Faidah mengaku bahwa dirinya tidak pernah berkeberatan untuk menandatangani Perda RAPBD menjadi APBD tersebut, ia berharap DPRD dapat duduk bersama, menandatangani APBD tersebut. Bukan satu ditempat lain dan satu ditempat yang lain.

“Agar kita dapat mempersembahkan kepada masyarakat bahwa pimpinan dapat duduk bersama, menyatukan semangat melayani masyarakat, karena tanpa bersatunya para pemimpin, mustahil pembangunan dapat berjalan dengan baik, kedepan saya berharap tidak lagi ada polemik masalah hukum”. Harapnya

Usai puas mendapat jawaban bupati, ratusan massa yang dikawal Kapolres Jember beserta jajarannya dan Satpol PP, kemudian bergeser ke gedung DPRD, sambil meneriakkan tuntutannya, mereka terus berorasi dengan tertib, iring-iringan tampak teratur, sehingga jalur lalu lintas tidak mengalami kemacetan.

Kapolres berharap agar aksi dilakukan dengan damai “Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, karena anda semua telah ditunggu oleh keluarga yang ada di rumah, mari bersama-sama menciptakan Jember yang paling damai, aman, kondusif dan bahagia,” Pinta Kapolres Kusworo dengan senyuman ramahnya.

Sesampainya di DPRD, para perwakilan hanya diterma sejumlah anggota di Aula Bamus. Lantaran semua pimpinan, sedang menemui Gubernur di Pemprov Jatim. Dalam kesempatan itu Misbahus Salam menyampaikan tuntutan senada yaitu meminta kepada DPRD agar segera mendandatangi APBD 2017, jika tidak, maka yang rugi adalah rakyat.

“Bagaimana Jember ini akan bisa membangun, kalau APBD nya tidak ada, padahal di APBD itu kita tahu, bahwa seluruh program pemerintah yang untuk rakyat ada disitu, sementara infrasturktur sudah banyak yang rusak, obat-obatan di puskesmas sudah menipis, bahkan sudah ada yang mulai habis, program pendidikan dan kesehatan serta proram lain akan macet”  Jelas juru bicara peserta  aksi yang akrap dipanggi H Misbah ini

Menanggap tuntutan tersebut Ketua komisi B, Bukri yang didampingi dan beberapa anggota yang lain, seperti, Ketua Komisi C, Siswono, Budi Cahyono, dan beberapa anggota yang lain berjanji, bahwa paling lambat Jum at, (27/1) APBD akan ditanda-tangani.

“Kami berjanji, hari Jum at (27/1) akan ditandatangani, bapak ketua yang lagi melaksanakan rapat di Surabaya juga sepakat. Trang Bukri kepada perwakilan demo damai berada di ruangan gedung wakil rakyat tersebut sambil memperdengarkan suara melalui telepon ketua DPRD Jember, Thoif Zamroni),”. (yond/eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: