"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Minggu, 26 Februari 2017

Butuh Komitmen Bersama Atasi Masalah Sampah

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Diperlukan komitmen bersama mengatasai masalah sampah. Peran serta masyarakat dan berbagai fihak sangat diharapkan. Seperti membuang sampah pada tempatnya dan memanfaatkannya jadi karya  bernilai ekonomi.

Perlu ada komitmen  semua elemen masyarakat menangani masalah sampah. Pernyataan ini disampaikan Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Jember,  Aris Maya di sela-sela acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional  (PHPSN) di alun-alun Jember saat Car Free Day Minggu (26/2).

Menurut Aris, kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat sadar akan masalah sampah. Pasalnya masih banyak masyarakat yang masih membuang sampah di sembarang tempat. Mungkin karena kurangnya pengetahuan tentang  sampah, termasuk memanfaatkannya  kembali (proses daur ulang) menjadi barang berharga.

Dengan momen HPSN, diharapkan masyarakat mau menanggulangi masalah sampah. “Melalui peringatan HPSN, Pemkab Jember mengajak kepada masyarakat dan berbagai elemen lainnya tergerak untuk bersama dalam menangani masalah sampah,” imbuhnya.

Disaping itu pengunjung Car Free Day dapat melihat dan mencontoh hasil karya mantan buruh migran yang ada di Desa Wonoasri dan Desa Sabrang Kecamatan Ambulu serta Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan yang dapat mendaur ulang sampah bekas menjadi barang bernilai ekonomis.

Kegiatan ini diikuti Dewan Kesenian Jember (DKJ), aktivis lingkungan, pelajar, mahasiswa, masyarakat, dan  media. “Kegiatan ini didukung DKJ, 30 kelompok lingkungan hidup dan masyarakat ada sekitar 50 kelompok yang masing-masing  terdiri dari 5 orang untuk mengikuti lomba pungut dan memilah sampah,”paparnya.

Pantauan wartawan di lokasi kegiatan, gelaran Hari Peduli Sampah Nasional disambut antusias olah warga masyarakat. Selain dilombakan memungut sampah, disajikan pula kesenaian tari pungut sampah, deklarasi Farum Peduli Sampah Jember dan lain sebagainya.  (midd)

Berita Terkait Lingkungan

Tidak ada komentar: