"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, February 19, 2017

Santri Harus Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Dengan Baik

Jember MAJALAH-GEMPUR.Com. Kemajuan teknologi dapat peningkatan ilmu pengetahuan dan membentuk perubahan prilaku yang luar biasa bagi para penggunanya, untuk itu para Santri di Pondok Pesantren (Ponpes) harus bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) harus menyadari cepatnya kemajuan teknologi itu”. Demikian kata Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timru, Syaifullah Yusuf saat menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) di Gedung Bank Indonesia Perwakilan Jember, Minggu (19/2).

Pengguna internet di Indonesia berada pada urutan kelima di dunia. Untuk itu keberadaan teknologi harus dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya, “Penggunaan teknologi yang salah juga akan menimbulkan konflik berkepanjangan antar ummat”.

Kemajuan zaman harus ditindaklanjuti oleh santri terutama pada bidang tertentu seperti IT. Jika santri memahami kemajuan teknologi akan memberi warna terhadap proses pembangunan. Oleh sebab itu, santri harus melek teknologi agar informasi dan ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Dihadapan santri dan alumni IAA, Gus Ipul menjelaskan bahwa saat ini santri harus mampu membantu pemerintah dalam menghadapi permasalahan bangsa. Salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa saat ini adalah kesenjangan sosial dan peningkatan daya saing terhadap sumber daya manusia.

Untuk meningkatan daya saing santri harus meningkatkan diri ditambah dengan keterampilan. “Pemprov Jatim berkomitmen untuk itu. Caranya dengan memaksimalkan peran SMK Mini yang terstandarisasi dan didalamnya terdiri dari banyak keterampilan unggulan,” imbuhnya.

Sementara Bupati Jember dr. Faidah menuturkan, bahwa ke depan peran pondok tidak lagi menjadi pusat di menimbanya ilmu dan agama semata. Akan tetapi, pondok saat ini harus menjadi pusat kebangkitan ilmu, kebangkitan sosial dan pusat kebangkitan ekonomi.

Pemkab Jember bersama ponpes  akan mengembangkan warung rakyat berjaringan. “Ponpes Jember ke depan harus menjadi pelopor dalam membentuk koperasi pesantren berjaringan. Pemkab Jember akan mensuport penuh program program untuk membangkitkan ekonomi di Pesantren” Janjinya. (Yond)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: