Translate

Iklan

Iklan

Dengan Peralatan Terbatas Pengamen Ini Ciptakan Guitar Berkualitas

3/13/17, 16:29 WIB Last Updated 2017-03-13T16:30:47Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bukan hanya piawai dalam memainkan Guitar, pria yang disapa Yanto (36) warga Kampung baru Rt.2 Rw.3 dusun Krajan Desa Tanggul kulon, Kecamatan Tanggul ini, juga ahli membuat Guitar.

Setiap bulannya Yanto bisa membuat satu hingga dua gitar, Bulan ini dia mendapat dua pesanan dari rekannya yang yang tingal di surabaya. "Untuk harganya saya patok 450 hingga 500 ribu rupiah, melihat tingkat kesulitannya." katanya saat ditemui Senen (13/3).

Pria yang setiap harinya mengandalkan kebutuhan hidup keluarganya seorang istri dan kedua anaknya dari hasil mengamen di Bus antar kota ini sengaja menggunakan sistem pesan, dalam membuat gitarnya, lantaran minimnya modal yang dimilikinya.

"Kalau pas ada pesanan baru saya garap, sebenarnya ingin sih memperbanyak produksi untuk cadangan (nandon; red), tapi karena gak punya modal, mau gimana lagi, tapi ya kita sukuri ajalah, yang penting dapurnya tetap bisa ngebul mas," Ujarnya seraya tersenyum.

Untuk membuat sebuah Gitar, dengan peralatan terbatas, butuh ketelatenan dan Kesabaran. Seperti pisau dapur yang difungsikan meratakan Kayu, gergaji besi, membentuk lekukan, paku besar yang beri Pegangan Kayu untuk melobangi tempat stank senar dan gerenda untuk menghaluskan kayu.

Namun, minimnya alat ini, tak menjadi penghalang bagi Yanto, terbukti satu gitar bisa diselesaikan empat hari, dengan hasil berkualitas, tak kalah baiknya dengan yang terjual di toko, bukan hanya itu mutunya pun, seperti suara dan kekuatan Guitar bisa di tandingkan dengan buatan Pabrikan.

"Sebenarnya ingin sih mas membeli peralatan yang khusus, tapi ya itu tadi masih belum ada biaya untuk membelinya, sementara hasil penjualan gitar, setelah dipotong modalnya, hanya cukup dibuat untuk Makan dengan keluarga," Pungkasnya.(yond/hud)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dengan Peralatan Terbatas Pengamen Ini Ciptakan Guitar Berkualitas

Terkini

Close x