Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Kamis, 16 Maret 2017

Menteri Perdagangan Dorong Produk Lokal Jember Tembus Pasar Global

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Potensi produk lokal di Kabupaten Jember Jawa Timur seperti kopi, coklat, tembakau, beras organik, kedelai edamami, okra dan sebagainya mendapat respon positif Menteri Perdagangan (Menperidag) Republik Indonesia.

Dukungan itu disampaikan Enggartiasto Lukita Kamis (16/3) saat melihat bazar produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan produk lokal di Pendopo Wahyawibawagraha Jember Jawa Timur. Enggar mendatangi satu-persatu meja stand yang tersedia.

Menurut politisi Partai Nasdem tersebut baghwa Jember memiliki banyak produk lokal, potensi besar harus dikembangkan agar diterima pasar dunia internasional. “Jember ternyata punya produk lokal yang tidak kalah dengan daerah lain dan dapat menembus ke pasar global,” katanya.

Bersama sang istri Enggar juga mencicipi produk yang disajikan dalam bazar seperti coklat, kedelai edamami dan turunannya. “Peningkatan ekspor produk lokal ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi rakyat. “Kami siap mendukung produk lokal Jember ini,” ujarnya.

Enggar bangga saat mengetahui kedelai idamami dan produk olahannya, kopi, kakao dan tembakau berhasil menembus pasar internasional. “Pasar ekspor yang potensi juga bisa dilakukan di Timur Tengah, Sri Langka, Pakistan dan Bangladesh, termasuk Taiwan, Jepang, Amerika Serikat dan Eropa," tuturnya.

Kemendag dan Pemkab, segera mendata produk yang sudah siap, Pemerintah akan bantu kemasan sampai pasarnya. "Bagi produk yang siap kita dorong untuk ekspor, yang belum kita bina supaya berkembang, namun kami meminta komitmen bagi produk yang siap ekspor menjaga kuantitas” imbuhnya. (midd)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: