"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, 9 March 2017

Secaba Rindam V Brawijaya Jember Gelar Bakti sosial

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak 370 Siswa Diktukba TNI AD Secaba Rindam V/ Brw Jl Tidar Sukorejo, Jember Jawa Timur, gelar Karya Bhakti dan Bhakti Sosial pengobatan gratis dan pembagian sembako.

Puncak kegiatan yang disebar di 4 wilayah Kecamatan Temporejo, Mayang, Jenggawah dan Mumbulsari, dalam rangka melaksanakan Aplikasi Ketatalaksanaan Binter, merupakan bagian dari program kurikulum pendidikan pembentukan Bintara (Diktuba) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat tahun 2017.

Kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial  dengan agenda pengobatan gratis dan pembagian sembako bagi masyarakat, merupakan bentuk implementasi peserta didik Diktukba TNI AD dan sekaligus pembelajaran awal dalam berkomunikasi dengan masyarakat selaku calon calon aparat Teritorial”. Kata Komandan Sekolah Calon Bintara (Secaba) Letkol Inf Agus Sudjijanto, Kamis (9/3),

“Diktuba TNI AD  TA . 2017 kali ini lebih istimewa karena dari 3000 peserta didik seluruh Indonesia dan diantaranya 370 siswa yg didik di Secaba Rindam V / Brw, nantinya sebagian besar akan diarahkan menjadi aparat Teritrorial (Babinsa).”Jelas Letkol Inf Agus Sudjijanto yang sebelumnya menjabat (Kasiops) Kepala Oprasi Korem 082 Mojokerto.

Masih kata Letkol Inf Agus Sudjijanto, Kesempatan mengikuti Pendidikan pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD TA. 2017 kali ini disamping  mendapatkan pembekalan materi materi kemiliteran pada umumnya, Serdik juga telah dibekali materi materi Teritorial meliputi 5 kemampuan Ter, Puldata Ter Analisa Kejadian, Binwanwil, Komsos dll. Dengan materi Terirtorial yg telah diterima selama pendidikan tsb, nantinya para peserta didik diharapkan dapat melaksanakan tugas sebagai aparat Teritorial dan bersinergi dengan Aparat Kepolisian dan Aparat Pemerintahan serta dapat melaksanakan komunikasi aktif dengan Komponen masyarakat lainnya.

Setelah 2.5 bulan mengikuti proses pembelajaran tsb, Selanjutnya peserta didik wajib mengaplikasikan secara langsung pada masyarakat, dengan bentuk latihan berganda dengan puncak materi Ketatalaksanaan Binter, dengan tujuan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan dasar, yang secara langsung bersentuhan dengan kondisi wilayah setempat.

Letkol Inf Inf Agus berharap nantinya peran Babinsa kedepan semakin profesional, menguasai dan mahir dalam mengimplementasikan 5 Kemampuan Teritorial (Kemampuan Temu Cepat dan Lapor Cepat, Kemampuan Manajemen Teritorial, Kemampuan Penguasaan Wilayah, Kemampuan Pembinaan Perlawanan Rakyat dan Kemampuan Komunikasi Sosial) serta secara profesional dan proporsional dalam pelaksanaan tugas disatuannya nanti.”Pungkas Agus Sudjijanto

Sementara Salah Satu Kepala Desa Mumbulsari Irma Winarsih pada Wartawan Memorandum mengatakan, giat yang diadakan oleh Secaba Rindam V/Brw Jl Tidar Jember, merupakan suatu berkah yang diperoleh bagi Warga yang tidak mampu.

“Sebanyak 150 Warga telah mendapatkan bantuan sembako, selain itu juga memperoleh pelayanan pengobatan dan Cek Up Kesehatan gratis yang bertempat tinggal di dusun, Krajan, Gambiran, Sumber Tengah dan Angsanah.” Ungkap Kades  Irma Winarsih (edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: