Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Sabtu, 08 April 2017

Bondowoso Abad 19 Mengalami 3 Perubahan Pemerintahan

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kabupaten Bondowoso Jatim abad 19 Masehi tepatnya sekitar Tahun 1800-an mengalami tiga peristiwa perubahan yang penting bagi kewilayahan dalam pemerintahannya.

Pertama sebagai Landschap Poeger, selanjutnya, berubah Kabupaten dengan status afdeling dan yang terakhir pemisahan Afdeeling, Bondowoso dan Jember. Demikian ungkap Setiyohadi, pemerhati sejarah, sekaligus direktur Taman Buku (TBB) Salam, Sabtu (9/4)

Perubahan itu, menurut Yopi, berdasarkan sumber: A Map of JAVA Chiefly from surveys made during the British Administration Constructed in illustration of an ACCOUNT OF JAVA By Thomas Stamford Raffles Esq:re and Engraved by J. Walker tahun 1817

“Sebagai landschap Poeger, wilayah Bondowoso meliputi dua kabupaten. Selanjutnya Bondowoso berubah menjadi Kabupaten dengan status Afdeeling Bondowoso dengan wilayah yang meliputi keseluruhan Bondowo, Jember dan Puger”. Jelasnya.

Untuk perubahan yang terakhir menurut pria yang juga aktif di Rumah sejarah ini adalah adanya pemisahan Afdeeling menjadi dua bagian. “Pemisahan Afdeeling Bondowoso menjadi dua Afdeeling, yaitu : Afdeeling Bondowoso dan Afdeeling Djember terjadi pada tahun 1883”. Pungkasnya. (eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: