"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Minggu, 09 April 2017

Mengembalikan Kejayaan Kopi Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Saat orang menyebut Jember, hal yang paling diketahui budidaya tembakau yang  dikenal hingga kepasaran Dunia. Namun selain itu, Jember juga merupakan kawasan penghasil kopi.


Beberapa catatan pada masa kolonial, era 1900, Jember pernah menjadi daerah produsen kopi jawa yang terkenal dengan total ekspor hampir 90.000 ton/tahun, serta memasok kebutuhan kopi dunia. Demikian kata Istono, penikmat kopi sekaligus memilik Rumah Kafe depan Puslitkoka ini Minggu (9/4)

Saat ini belum banyak upaya serius untuk menggarap kopi dari bentang geografis jember dalam budidaya kopi arabika, robusta, ekselsa dan liberika, terutama untuk memenuhi segmen pasar kopi premium atau kompetisi kualitas kopi baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pria yang biasa dipanggil cak Genjur ini menyadari bahwa memanjakan indera penikmat kopi dengan Biji yang tersaji berkualitas memang harus melalui proses panjang. Mulai dari pemahaman bentang alam, rekayasa lingkungan yang mendukung tanaman kopi, metode petik merah, perlakuan pasca panen.

Disamping itu para penyanggrai dan para penyeduh kopi dalam mengapresiasi karakter biji kopi untuk disuguhkan pada penikmat dan pecinta kopi. “Jalur yang panjang itu memunculkan serta menguatkan karakter dan cita rasa yang khas pada seduhan kopi”. Urainya

Untuk memberi gambaran itu, para pecinta dan penikmat kopi Jember akan menggelar kegiatan dalam bentuk uji cita rasa kopi jember dengan harapan akan memberikan wawasan tentang cara mengolah kopi dengan kualitas yang bagus dari hulu sampai hilir.

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan harga kopi, dan mengembalikan kejayaan kopi Jember “Jika biji kopi memang diolah untuk kelas premium dan menguntungkan ditingkat petani kopi karena harga pasca panen kopi mereka meningkat, saya yakin kejayaan kopi akan kembali”. Katanya dengan penuh yakin.

Kegiatan antar lini mulai dari petani, rumah sanggrai, kedai, komunitas, dan pecinta kopi ini merupakan ruang dialog yang nyaman untuk memajukan kopi jember. “Jember Koffiesta Cupping Day ini barangkali bisa menjadi awal yang baik untuk mendorong munculnya kopi rakyat dengan kualitas yang premium”.

Rencananya Jember Koffiesta Cupping Day ini akan diadakan pada hari selasa 20 April 2017 mulai pk 19.00 wib, di RUMAH KAFE JEMBER Jl. PB Sudirman 97 (Depan Puslit Kopi Kakao) Jember. Estimasi jumlah kopi yang di uji cita rasa minimal 6 jenis kopi rakyat dari berbagai  wilayah di Kab. Jember.

Jember Koffiesta Cupping Day juga bisa menjadi ajang belajar bareng serta berbagi pengalaman mengenal proses uji citarasa dengan para penguji cita rasa dari berbagai kalangan, juga dalam rangka memeriahkan hari bumi yang jatuh pada Sabtu 22 April 2017.

“Bagi roaster dan kedai kopi jika memiliki materi kopi rakyat di jember dengan segmen premium bisa juga mengikuti acara Cupping Day ini. Acara ini terbuka untuk umum dengan konfirmasi kehadiran melalui kontak person yang tertera’ Pungkasnya. (eros)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: