Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan"
Custom Search

Kamis, 13 April 2017

Pemkab Situbondo Gelar Pelatihan BUMDes

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Situbondo gelar sosialisasi Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Sosialisasi dan pelatihan Tahap Awal yang diikuti 132 Kepala desa (Kades) dan 3 orang perangkat ini dalam rangka meningkatkan kapasitas para pengelola Badan usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, agar dalam menjalankan tugasnya dapat transparan, efektif, efisien dan akuntable.

Tampak hadir dalam kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabid pembangunan desa, Jupri Triwidagdo,ST dan Kahfi pendamping ahli P3MD Situbondo, juga Mitra bisnis UMKM dari BANK BRI yang dihadiri langsung oleh Pimpinan Cabang dan beberapa KA Unit BANK BRI Cabang Situbondo. 

“Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes, mampu memetakan potensi lokal desa serta pemanfaatannya sehingga bisa mengurangi kemiskinan, Kata Jupri Triwidagdo,ST usai acara di Aula lantai II gedung DPMD Situbondo, Kamis (13/4)

Dalam sosialisasi ini peserta diberikan materi teori dan praktek tentang gambaran umum dan manajemen BUMDes. Peserta juga dibekali materi manajemen kewirausahaan, pengembangan potensi bisnis di desa dengan pendekatan model bisnis, perencanaan usaha dan pelaporan keuangan sederhana.

Berdasarkan data kami ada 23 Desa yang memiliki BUMDes sudah mulai berjalan dan Tahun 2017 bertambah sekitar 23 Desa lagi yang dilihat dari APBDes nya dan dianggarkan melalui dana Desa (DD), "BUMDes dapat dibentuk di tiap-tiap Desa untuk membantu ekonomi masyarakat lebih terbantu modal," Ungkapnya

Dani Ismayadi salah seorang peserta dari desa kotakan mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat dalam pengembangan ekonomi desa."Kami akan mengoptimalkan potensi desa kami dengan pengembangan unit usaha toko sembako, olahan kopi dan tenun," Punhkasny. (yan)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: