Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Jumat, 21 April 2017

Peringati Kartini, SMK Di Jember Gelar Kotekan Lesung

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mengenang Perjuangan Ibu Kartini. Sekolan Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Jember, Jum’at (21/4) menyuguhkan Tarian dan lagu Daerah, seni Lesung yang dimainkan oleh ibu-ibu lansia.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jember dr Faida, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Drs Lutfi Isa Ansori dan Kepala Dinas Kabupaten Bambang Hariono, mereka menikmati hiburan yang dikonsep dengan seni Budaya Pendalungan music dan tarian serta lagu daerah.

Semangat Hari Kartini seharusnya bisa menginpirasi pada generasi muda laki dan Perempuan, maupun bagi yang sudah berumur. kedua-dua nya bisa bekerjasama, meski Jember dipimpin bupati perempuan, tentu saja memberikan ruang gerak yang sama buat perempuan dan laki di Jember.

“Saya sangat senang sekaligus salut dengan kreasi serta inovasi, hiburan yang menyajikan kearifan local, sangat kompak sungguh diluar dugaan kami, hiburan yang diikuti oleh para lansia dan diturunkan pada generasi muda ini.” Kata Bupati Jember dr Faida MMR

Sementara Kepala Sekolah SMK 3 Jember, Supri Hartono, Hari Kartini merupakan dan mngingatkan peduli terhadap hak-hak kaum Wanita, adalah mengangkat derajat kaum ibu, salah satunya sebuah tradisi kote’an (Tabuan) lesung.

“Terlihat sudah sejak dijaman dulu gotong royong dan kebersamaan sudah tumbuh, terbukti seperti yang diperagaan seni lesung, tidak bisa dilakuakan sendiri, semakin banyak orang tambah rampak dan bagus untuk didengarkan.” Tutur pria yang akrab dipanggik Cak Bye ini. (edw/yond)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: