Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Sabtu, 22 April 2017

PWI Jatim Prioritaskan Pemred Media Cyber Ikut UKW

Bid Literasi Media: Imam Haironi Ket SMSI: Eko Pamuji
Surabaya, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sekligus Ketua SMSI Jawa Timur, Eko Pamuji, akan prioritaskan Pemimpin Redaksi (Pimred) media Cyber ikut UKW.

"Untuk tingkat pemred pertahun 2018 wajib sudah memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat utama, dan akan kami prioritaskan untuk ikut pada tahun ini," Demikian disampaikan Eko Pamuji di sela-sela deklarasi pengurus wilayah Serikat Media Online indonsesia (SMSI) di gedung aula PWI Jatim, Jumat,( 21/04).

Selain itu, lanjut Eko, Redaktur Pelaksana (Redpel), pasalnya dua posisi penting ini layak mempunyai kecakapan. "Dua jabatan ini sangat rawan, apabila seorang pemred tidak paham kaedah jurnalistik, untuk itu PWI secepatnya akan melakukan pendataan," Katanya.

Kecepatan informasi di media sosial (medsos), jika ditelan mentah-mentah sangat berbahaya. "Kalau masyarakat tidak bisa membedakan yang kredibel dan memenuhi standart Jurnalistik, ini akan menjadi buah simalakama bagi para pembacanya," Timpal pengurus SMSI bidang literasi media, Imam Haironi.

Agar Pimred bisa menyuguhkan informasi yang baik, SMSI segera mensosialisasikan. “Jika mengikuti standart kelayakan Jurnalistik kami yakin media online, selain praktis, akan menjadi media altirnatif yang paling dicari para pembaca," jelas jelas Pemilik media online suara Jatim Post asal Kabupaten Jember ini.

Perlu diketahui bahwa kepengurusan SMSI sudah terbentuk di 27 Provinsi dan dibagi beberapa wilayah Kabupaten Kota.  Selain itu, SMSI sudah memiliki naungan hukum dan menjadi lembaga resmi pemilik perusahaan media online dibawah naungan resmi Dewan Pers. (eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: