"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, April 30, 2017

Serunya Ikut Lomba Memancing Di Empang Kebun Tebu

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Remaja Masjid (Remas), Kamaran, Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, punya cara kreatif memanfaatkan empang tengah kebun tebu sebagai tempat lomba memancing ikan gurami.

Panitia menyiapkan hampir satu kuintal ikan gurami dengan berbagai ukuran.   “Ini adalah even pertama. Kedepan, rencananya akan kami selenggarakan tiap dua pekan sekali,” kata Ageng, ketua panitia lomba memancing tersebut, Minggu (30/4).

Tiap peserta mereka dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 60 ribu. Uang pendaftaran inilah yang digunakan oleh panitia sebagai hadiah serta membeli ikan dalam lomba mancing ini. “Jika ada lebihnya akan dimasukkan dalam kas masjid. Karena penyelenggaranya memang berasal dari remas,” ujarnya.

Sebenarnya, empang tersebut merupakan kolam yang menjadi tandon air untuk pengairan tanaman tebu bila musim kemarau tiba. Namun, karena saat ini belum digunakan sehingga oleh remaja masjid di dusun setempat dimanfaatkan sebagai lokasi lomba memancing.

Lahan tebu berukuran sekitar 20 X 20 meter dengan kedalaman sekira 6,5 meter ini, terletak sekitar satu kilometer dari perkampungan warga. “Kondisi kolam ini menciptakan sensasi tersendiri bagi pemancing, apalagi saat kail mereka digondol ikan, rasanya pasti berbeda dengan kolam-kolam biasanya,”

Salah seorang peserta, Anas, mengaku mengikuti kompetisi ini untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Ia berkata, lokasi memancing di tengah lahan tebu menjadi daya tarik tersendiri, sehingga dirinya juga mengajak sejumlah teman-temannya bergabung dalam lomba tersebut.

“Suasananya cukup berbeda. Dan ini menjadi sensasi tersendiri bagi kami. Dan bagi kami menang atau kalah itu tak jadi masalah, yang penting dapat mengisi liburan bersama teman-teman,” tutur pemuda asal Desa Balung Kulon ini.

Kepala Desa Balung Kulon, Syamsul Hadi, mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya mendukung dan berupaya mencarikan sponsor bila even itu dilaksanakan lagi. “Kami akan membantu mempromosikannya, sehingga pada kegiatan berikutnya lebih banyak lagi,” Pungkasnya. (eros)

Berita Terkait Hiburan

No comments: