"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 13 Mei 2017

Antisipasi kebakaran, Perhutani Situbondo Gelar Simulasi

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Antisipasi kebakaran hutan musim kemarau, Petugas Gabungan Perhutani KPH Bondowoso, Wilayah Situbondo, bersama Brimob Mabes Polri gelar Simulasi.

Simulasi penaggulangan kebakaran hutan diarea latih dan wisata pasir putih desa pasir putih kabupaten Situbondo, Sabtu (13/5) bertujuan untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan di musim kemarau, agar petugas maupun masayarakat sekitar sudah memahami cara penaggulangan mulai dini.

Dalam simulasi, yang digelar Perhutani (KPH)  Bondowoso, petugas Gabungan beraksi memadamkan api dengan alat seadanya. Simulasi ini digelar untuk menguji coba kesiapsiagan petugas serta, memberikan pemahaman terhadap masyarakat sekitar hutan”, kata kepala pelatih Mabes Polri AKBP Hadi Suroso

Menurutnya, antisipasi kebakaran hutan tak hanya dilakukan oleh petugas saja, “Kita sebagai anggota Brimob yang berada dilokasi area latihan pemadaman kebakaran yang terjadi dihutan dengan harus selalu sigap untuk mengantisipasi dan melakukan pemadamkan api" , pungkasnya

Sementara wakil kepala Adminitrasi Kesatuan pemangku Hutan (KPH) Bondowoso wilayah kerja Situbondo Drs, Mohammad Ajib, menyampaikan bahwa Petak 36 C/R -P-H wilayah Bungatan B-K-P-H, dan B-K-P-H Panarukan, Situbondo,  merupakan Area Rawan Kebakaran.

Wilayah hutan jati Situbondo dengan luas 47 ribu hektar merupakan lokasi rawan terjadi kebakaran “Saat memasuki musim kemarau, pepohoan dan daun jati akan kering, puntung rokok yang sengaja di buang sembarangan oleh manusia terkadang juga memicu kebakaran”. Jelasnya. (ef)

Berita Terkait Lingkungan

Tidak ada komentar: