Translate

Iklan

Iklan

Buku Nikahnya Palsu, Puluhan Warga Mengadu Bupati Jember

5/10/17, 18:37 WIB Last Updated 2017-05-10T12:02:03Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan warga Randuagung Kecamatan Sumberjambe Jember, Rabu (10/5) mengadu Bupati Jember atas keberadaan surat nikah yang dimiliki puluhan tahun ternyata Aspal.

Sekitar 30 korban, datang sekira pukul 11.30 Wib di Pendopo Wahyuwibawa Graha Jember. Menurut  warga Dusun Mumbul, hal tersebut diketahui saat akan membuat Administrasi keluarga seperti Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan KTP.

"Kami kaget saat kami hendak melakukan legaliser surat nikah ke Kantor Urusan Agama (KUA) untuk syarat pembuatan Akte kelahiran, KK dan KTP, ternyata Nomer Register Surat nikah kami tidak tetdaftar di KUA. " keluh Aliwafi (45)salah-satu warga, Rabo, (10/5).

Bukan hanya milik mereka, lanjut Ali, namun masih banyak milik warga lainnya yang juga ASPAL, bahkan ada juga warga yang sudah menikah namun belum mendapat buku nikah. "Masih banyak yang sepertiini, bahkan yang lebih parah lagi sudah menikah namun tak mendapatkan buku nikah", Ungkapnya.

Menanggapi pengaduan itu, Bupati Jember dr Faida, MMR berjanji segera kerjasama dengan pengadilan Agama. "Kita akan komitmen dengan pengadilan agama untuk membantu mereka, melakukan itsbat Nikah, sehingga ke depan tidak akan terjadi masalah, kasihan anak anak mereka, " ujarnya.

Sementara itu Kepala pengadilan Agama Jember Drs H A Imron, SH, MH mengatakan terkait permasalah tersebut Solusi terbaik untuk permasalahan Tersebut harus dilakukan sidang Itsbat nikah, dan dirinya juga menjelaskan Itsbat nikah akan dilakukan di Desa mereka.

"Nantinya kita akan melakukan Itsbat nikah di tempat bapak ibu sekalian, itu jalan terbaiknya, karena sudah ada Payung hukumnya melakukan sidang Itsbat nikah di luar pengadilan," jelas Imron disambut ucapan terima kasih dari warga. (yond/midd/edw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buku Nikahnya Palsu, Puluhan Warga Mengadu Bupati Jember

Terkini

Close x