Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Minggu, 07 Mei 2017

Dapat Aduan Jalan Rusak, Bupati Anas Tegur Kades

Bupati Anas (putih) tegur Kades Patoman (batik kuning)
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kunjungan kerja Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas ke Desa Patoman, Blimbingsari disambut antusias warga, mereka adukan berbagai permasalahan

"Pak, kapan jalannya diaspal?" keluh warga saat dialog dengan orang nomor satu di Banyuwangi di halaman SD N 2 Patoman tersebut, Ahad (6/5).Mendapat pertanyaan tersebut, Bupati Anas memanggil Kepala Desa Patoman, Suwito. "Apa status jalan ini?" tanya balik.

Ternyata, jalan di depan kantor desa hingga ke Dusun Blibis tersebut, termasuk jalan dusun. "Jalan ini, sebenarnya sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa. Karena dana untuk pembangunan desa, baik dari ADD maupun dari Pemkab Banyuwangi telah ditransfer ke desa masing-masing," ungkap Anas.

Anas tegur Kades Suwito agar memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) dengan baik. "Jangan sampai ADD besar tersebut, tidak dapat dirasakan masyarakat," tegurnya. Jumlah ADD yang diterima cukup besar untuk desa yang tak lampau besar, seperti halnya Patoman. "ADD-nya sebesar Rp. 1,6 M lebih," aku Kades.

Warga Patoman, Yusri menyebutkan sejak sepuluh tahun lalu tak pernah dapat perbaikan. "Ruas jalan di Dusun Blibis ini, tak pernah diaspal. Hanya berupa jalan makadam, masak yang dibangun hanya di bagian tengah, sedangkan yang di Timur dibiarkan rusak sejak lama," imbuhnya.

Pemkab telah melakukan distribusi, beberapa kebijakan yang sebelumnya harus persetujuan bupati, kini cukup di desa. Diantaranya infrastruktur, kesehatan hingga masalah sosial.  "Kita telah menambah dana transfer ke desa agar kewenangan tersebut, dapat tertangani dengan cepat dan baik," pungkas Anas. (yan)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: