Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan"
Custom Search

Kamis, 18 Mei 2017

Disperindag Situbondo Gandeng Alfamart Latih UKM

Situbondo, Majalah-Gempur.Com. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Situbondo gandeng Alfamart Kamis (18/5) gelar pelatihan manajemen ritel bagi Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Pelatihan di pendapa kabupaten Jl. Kartini N0. 1 Situbondo, diikuti kurang lebih 100 peserta ini, di buka langsung Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH dan disaksikan Wakil Kepala Alfamart Jember Nurbadrianto serta Kadisperindag Dra. Hj. Tutik Margiyanti, ST.

Wakil Kepala Alfamart Jember menyampaikan ucapan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo atas dukungannya dalam pelatihan ini.  "Pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini digelar secara rutin setiap tahun dan disetiap wilayah yang memiliki jaringan toko Alfamart," jelasnya

Tujuannya agar UKM memahami manajemen ritel modern. Ritel tradisional dan modern sudah saatnya tumbuh berdampingan. "sinergi melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA) yaitu, memberi pelatihan manajemen dan menyediakan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA.

Selain itu, juga ada bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih. Di wilayah cabang Jember, hingga saat ini terdapat sekitar 2.500 member dengan jumlah OBA sebanyak 25 outlet. "Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pedagang kecil.

Pedagang ritel tradisional perlu memiliki daya saing yang kuat. Pelatihan ini dilaksanakan, untuk memberikan pelatihan mengenai  manajemen penataan barang, pengaturan persediaan barang (stock), manajemen keuangan (cash flow), serta tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH mengatakan, pola kerjasama Alfamart dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggandeng UKM merupakan langkah tepat. "Dengan kerjasama ini, maka saya yakin pertumbuhan ekonomi daerah akan bisa tumbuh lebih cepat," terang Bupati Dadang.

Lebih lanjut, Bupati Dadang mengatakan, dengan terbukanya jaringan antara UKM dengan Alfamart, maka peluang bisnis bagi UMKM di Situbondo akan semakin cerah. "Harapan saya kerjasama antara Alfamart dengan UMKM di Situbondo akan terus berkembang," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo Dra. Hj. Tutik Margiyanti ST mengatakan, pelatihan manajemen ritel ini untuk meningkatkan kerjasama kemitraan usaha yaitu akses dan pangsa pasar produk UMKM yang ada di Kabupaten Situbondo dengan pihak Alfamart. (ef)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: