Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Jumat, 12 Mei 2017

Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Jember Warning Spekulan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Cegah Spekulan memainkan harga pangan, jelang Ramadan dan Hariraya Idul Fitri, Pemkab bersama Polres Jember Jumat (12/5) bentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

Pembentukan Satgas Pangan ini menindaklanjuti Instruksi Presiden kepada Kapolri, untuk mengamankan harga pangan di pasar, terutama menjelang Ramadan, Hariraya Idul Fitri, dan momentum lain hingga akhir tahun 2017.

“Terbentuknya satgas ini sebagai bentuk komitmen bahwa ketahanan pangan menjadi prioritas Pemkab Jember. "Oleh karenanya saya berharap satgas pangan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember segera bekerja," Ujar Bupati Jember, dr Faida, MMr usai mengukuhkan di Aula PB Sudirman Pemkab Jember.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drh Andi Prastowo, Instruksi Presiden, sejalan dengan 22 program prioritas janji kerja Bupati. “Artinya Bupati berkomitmen kuat terjaminya ketersediaan pangan, jika ditemukan spekulan bermain-main akan ditindak tegas” Tegasnya.

Tim juga akan mengkoordinir Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengirimkan informasi kebutuhan pokok yakni beras, gula, daging,  telur, dan minyak goreng.  “Kita berharap Tim ini bisa mengidentifikasi wilayah kondisi rawan pangan untuk disusun strategi bagaimana kebijakan mengatasinya,” pungkasnya.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, juga menegaskan akan terus memantau agar tidak ada kelangkaan dan melonjaknya harga bahan pokok. "Setiap hari kita akan pantau dan membandingkan dari wilayah lain juga, dari situ kita akan bisa mengevaluasi, kalau ada temuan akan ada pidananya sendiri." Tegasnya.

Tim  beranggotakan Reserse Kriminal, Disperdag, Bulog, BPS, dan Dinas Ketahanan Pangan. “Bupati dan Wakil sebagai Pengarah, Penanggungjawab Kapolres, Dandim dan Kajari. Ketua I Sekda, Ketua II Kasatreskrim, Wakil Ketua I Asisten II, Ekonomi dan Pembangunan, Wakil Ketua II Kadisperindag, Sekretaris I Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan, Sekretaris II Kadis Pertanian”. Jelasnya. (yond/ruz)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: