Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan"
Custom Search

Jumat, 19 Mei 2017

Kabupaten Jember Kekurangan Wasit Futsal

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tingginya animo masyarakat terhadap olahraga futsal, membuat sejumlah pertangingan di Jember Jawa Timur sering kekurangan tenaga wasit bersertifikasi.

Padahal setiap bulannya, bisa jadi pertandingan sampai ada 7 titik, sementara wasit yang bersertifikasi hanya ada 12 orang. "Setiap tempat pertandingan, idealnya harus ada 6 wasit," Demikian diungkapkan pengurus Askab PSSI Jember, Samsul Arifin, Jumat (19/5)

Oleh karenanya Ia mengaku sering kuwalahan. “Pertandingan futsal biasanya digelar panjang dengan jumlah pertandingan yang juga banyak setiap harinya, bahkan sehari, bisa sampai 10 pertandingan. Sedangkan satu tempat, bisa pakai dua lapangan," terangnya.

Kondisi demikian, mendorong Askab PSSI Jember bersama Komsos Kreatif Kodim 0824 Jember, berinisiatif menggelar pelatihan wasit futsal level 3 se-Jatim. "Alhamdulillah, bakal ada 25 wasit futsal, mereka dilatih sejak 18 Mei hingga 21 Mei 2017," katanya.

Dia mengaku bangga, karena total peserta berjumlah 40 orang itu, juga berasal dari berbagai daerah lain di luar Jember. Terlebih, mayoritas dari mereka masih berusia muda. Sehingga, regenerasi wasit di futsal akan lahir terus-menerus dari Jember.

Peserta yang dikarantina di markas kodim dapat materi secara teoritis oleh pelatih profesional kelas nasional dan diuji secara aplikatif dan tulis. Bagi yang gagal, tentu dinyatakan tidak lulus. "Kami ketat, supaya dapat wasit futsal yang berkualitas," pungkas mantan Plt Ketua Askab PSSI Jember tersebut. (eros)

Berita Terkait Olahraga

Tidak ada komentar: