"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 13 Mei 2017

Peringati Halun, Bupati Faida Senam Bareng 3000 Lansia

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk memperingati hari Lanjut Usia Nasional (Halun) ke 21, Sabtu pagi (13/5) Bupati Jember Jawa Timur dr Faida, MMR gelar senam bareng 3000 orang Lanjut Usia (lansia), di Alun- alun.

Selain senam, Bupati dr Faida, MMR juga memberikan paket sembako kepada 3000 Lainsia tidak potensial dan penghargaan khusus terhadap Karang Wreda Flamboyan, asal Rambipuji, yang masuk nominasi 5 besar Karang Wreda kreatif se Jawa Timur, berupa kaki palsu dan tali asih serta sembako.

“Ibu Bupati sangat perhatian kepada para lansia, ada dua kategori lansia yang dimaksud yakni Kategori potensial dan tidak potensial, Kategori tidak potensial ini lah yang difokuskan dibantu,” ungkap Kepala Dinas Sosial, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Isnaini Dwi Susanti, SH.

Kegiatan bertema “Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera” ini, bentuk komitmen Bupati atas amanah UU No 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, dan 22 (22) janji kerja Faida-Muqit, yang akan jadikan Jember, bumi selawat (selamat dan aman) dengan perhatian lebih pada kaum lemah, dan difabel.

Dengan perhatian besar itu, diharapkan masyarakat juga turut mengikuti langkah Bupati sehingga Jember benar - benar menjadi daerah yang ramah bagi kaum dhuafa,  difabel, dan anak. “Bantuan lansia tidak potensial tahun ini saja 6.500 paket,” Harap Santi,

Bupati mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya senam ini jadi momentum gerakan lansia mandiri, sehat dan produktif "Menjadi tua itu pasti tetapi sehat dan mandiri adalah pilihan, Pemkab komitmen mendorong agar para lansia produktif diusia senja " ujar bupati yang dijuluki ibu kaum dhuafa ini. 

Kegiatan ini tidak lain sebagai upaya memberi penghargaan kepada masyarakat dari kalangan lanjut usia (lansia) sebagaimana amanah  Undang – undang No 13 tahun 1998, tentang kesejahteraan lansia du Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) yang biasa diperingati setiap tanggal 29 Mei.

“Pemkab Jember benar – benar komitmen dalam memperhatikan kaum yang lemah dan lansia. Terutama para lansia yang tidak  potensial alias kurang beruntung hidupnya,” tegas Faida, MMR yang baru saja menjalin MoU dengan ICW untuk pemerintahan bersih ini.

Sesuai data, jumlah  lansia di Jember ± 254.350 jiwa, sedang jumlah penduduk ± 2.500.000 jiwa. Sehingga jumlah lansia di Jember adalah 10,17 % dari total jumlah penduduk. Jumlah  lansia terdiri dari Lansia Potensial dan Lansia Tidak Potensial. Di Jember terdapat  214 Karang Werda dari 248 desa/kelurahan.

Para lansia potensial diharap dapat berpartisipasi membangun daerah, dengan menjaga generasi muda “Kita berharap para Lansia potensial, bisa  mendidik generasi muda agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba, dan tindakan melanggar hukum,” Pungkasnya. (hms/yond).

Berita Terkait Olahraga

Tidak ada komentar: