"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 26 Mei 2017

PT KAI Daop 9 Jember Siap Sambut Angkutan Lebaran

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Menghadapi mudik Hariraya Idul Fitri 1438 H yang jatuh Selasa-Rabu, 25 - 26 Juni 2017, PT KAI Daop 9 Jember mengerahkan seluruh sarananya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk mendukung operasional, PT KAI menyiagakan seluruh SDM untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik/balik dengan kereta api dengan menitikberatkan pada faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran Perjalanan KA (PERKA).

PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 22 hari, pra Lebaran selama 10 hari (H1-10) tanggal 15-24 Juni 2017, masa Lebaran selama 2 hari (H1-H2) tanggal 25-26 Juni 2017, dan masa purna Lebaran selama 10 hari (H2+10) tanggal 27 Juni-6 Juli 2017", kata Vice President PT KAI Daop 9 Aslikan Jumat (26/5)

Volume penumpang diperkirakan meningkat ± 3% dari 128.134 tahun 2016 menjadi 131.346. “Melihat tingginya permintaan masyarakat, PT KAI kembali menambah kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk pada rangkaian kereta api Mutiara timur”. Jelasnya

Sarana disiapkan 21 unit lokomotif, armada 116 unit (Jawa 1.495 unit, Sumatera 143 unit). “Sedangkan prasarana, disiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titik rawan banjir dan longsor, di tempatkan di Stasiun Pasuruan, Probolinggo, Jember, Kalisat, Kalibaru dan Stasiun Banyuwangi”. Tambahnya. 

Pemeriksaan ekstra seluruh jalur, menugaskan Penjaga Daerah Rawan di 18 titik jalur KA dianggap rawan terjadi bencana alam. Selain itu juga bekerjasama dengan instansi terkait (Pemda, aparat keamanan) untuk keselamatan di perlintasan-perlintasan sebidang, terutama pada perlintasan liar. 

Dari aspek keamanan, PT KAI bekerja sama dengan aparat kewilayahaan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya aksi yang membahayakan, misal pelemparan batu ke kereta, menaruh batu atau material lain di atas rel, dan lainnya. Selain itu juga, pengamanan di Stasiun juga akan dibantu petugas POM TNI AL dan AD. 

Total petugas penguatan pengamanan menurut Aslikan berjumlah 96 personel. Dari aspek Sumber Daya Manusia dan Kesehatan. Seluruh pegawai PT KAI Daop 9 Jember telah berkomitmen untuk mensukseskan angkutan Lebaran 2017 dengan memberikann pelayanan yang terbaik.

Hak cuti seluruh pegawai selama 22 hari ditangguhkan. Terkait kesehatan, PT KAI menyiapkan 3 pos kesehatan yang akan membantu pelayanan kesehatan. “Dokter dan paramedis di Masing-masing siap memberikan bantuan kesehatan di tiga pos di Stasiun Probolinggo, Jember dan Banyuwangi”, Katanya.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, PT KAI mengimbau para calon penumpang untuk, melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun untuk menghindari hilangnya struk pembayaran  dan antrian panjang pencetakan tiket menjelang keberangkatan KA.

Selanjutnya menyiapkan kartu identitas asli untuk boarding di stasiun, Nama pada tiket harus sesuai dengan kartu identitas, serta Boarding 1 s/d 2 jam sebelum keberangkatan KA. “Selain itu Calon penumpang supaya tidak membawa barang bawaan berlebih ataupun memakai perhiasan yang mencolok” Harapnya. (edw)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: