Translate

Iklan

Iklan

Puluhan Jurnalis Jember Gelar Aksi Teatrikal Tolak Kekerasan

5/03/17, 14:00 WIB Last Updated 2017-05-03T10:01:32Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Peringati Hari Pers Sedunia (world press freedom day) Puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Jember (AJJ), Jatim Rabu (3/5) gelar aksi damai tolak segala bentuk kekerasan

Sejumlah jurnalis dari Forum Wartawan Lintas Media Jember (FWLM), Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Jember, serta Jember South Jurnalis, ini melakukan long march dari depan Makodim 0824 menuju Pemkab Jember bernada kecaman segala bentuk kekerasan Jurnalis, di Jember, Jawa Timur maupun di Indonesia.

Mereka juga membagikan selebaran, atas meningkatnya kekkerasan jurnalis di Jawa Timur, “Ini menunjukkan kesadaran institusi negara baik TNI, Polri maupun pemerintah tehadap kebebasan pers sangat kurang, sehstudnys semua pihak harus menghormati kerja Jurnalis,” ujar korlap aksi Hirna Ramadhani.

“Seperti di Madiun oknum TNI AD, yang melakukan kekerasan terhadap kontributor Net TV, perampasan kamera terhadap jurnalis radar malang oleh oknum TNI AU, dan yang terbaru kekerasan terhadap Jurnalis oleh Oknum PNS PU Bina Marga Bangkalan Madura,” Ujar wartawan Pena Nusantara ini.

Aksi yang disertai teatrikal, dimana salah satu Jurnalis dengan pakaian dari kertas koran serta tangan di rantai, mendapat perhatian sejumlah warga. Menurut peserta aksi, teatrikal ini menggambarkan jika kebebasan pers di Indonesia sudah akut, dan harus disikapi oleh semua pihak.

Sementara aksi puluhan AJJ ini mendapat apresiasi dari Bupati Jember dr. Faida MMR, meski tidak menemui secara langsung peserta demo, dikarenakan bersamaan dengan acara persiapan penutupan TMMD ke 98 di Desa Karangbayat, bupati menghubungi jurnalis melalui HP dan diload speaker.

“Kami mengapresiasi kerja jurnalis khususnya di Jember, bersama ini kami tekankan bahwa jurnalis tidak akan dihalang halangi di lingkungan Pemkab Jember, dan kami pastikan Jurnalis di Jember akan aman dan terlindungi dari aksi aksi kekerasan, atas nama pemerintah, kami ucapkan selamat hari kebebasan pers.

Aksi ini sendiri ini diakhiri dengan penyerahan rangkaian bunga ke Pemkab Jember yang diwakili oleh Plt. Sekda Ir Mirvano, sertai ditandai dengan menandatangani kesepakatan tolak kekerasan jurnalis dan pelepasan rantai pada salah satu peserta aksi. (yond)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puluhan Jurnalis Jember Gelar Aksi Teatrikal Tolak Kekerasan

Terkini

Close x