"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, May 7, 2017

Situbondo Tak Rela Dewi Rengganis Dimiliki Probolinggo

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Kabubupaten (Pemkbab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo Jatim akan melakukan langkah konkrit pertahankan Dewi Rengganis.

Pasalnya kawasan puncak gunung Argopuro di desa Baderan Sumber Malang itu adalah miliknya, Probolinggo tidak bisa membuktikan secara administratif ataupun giografis. Demikian kata Ketua DPRD, Bhasori Sonhaji, saat di temui disela-sela penutupan kegiatan sepeda santai di alun alun Situbondo, Minggu (7/5).

Probolinggo diminta menghentikan manuvernya, karana yang dilakukan tanpa dasar. “Kawasan Situs Dewi Rengganis itu masuk dalam giografis fiskal Situbondo, jangan serta merta mengklaim lah, kan harus ada dasar pembuktian secara administasi atas hak dan batasan-batasan wilayah, Tegas Bhasori.

Namun demikian, agar tidak berlarut-larut, Situbondo akan mengkomunikasikan dengan pemprov Jatim. “Pemkab Situbondo akan meminta Pemerintah Provinsi Jatim segera melakukan agenda pertemuan dengan tiga dearah lain Disamping Situbondo juga Jember, Probolinggo, Bondowoso. Lanjutnya.

Agar tidak ada perseteruan dan tetap tercita sinergisitas, Pemkab Situbondo berharap ketiga daerah nanti hadir dalam pertemuan yang difasilitasi pemprov Jatim, “Kami sepakat jika pemerintah akan mengambil hak -hak preogratif atas  kawasan wisata Dewi rengganis di gunung Argopuro," Pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa Cerita kecantikan Dewi Regganis yang konon diperebutan para pangeran masih terasa hingga saat ini. Situbondo terusik ketika terdengar kabar dibukanya akses menuju Puncak Rengganis. Kabar itu, merupakan sinyal Probolingo ingin memiliki “Melamar” dewi rengganis yang membikin Situbondo, marah.

Pasalnya jauh sebelumnya Rengganis, sudah jadi miliknya, bahkan sudah memiliki MoU dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Jika sengketa masih terjadi, Pemkab Situbondo tidak akan melakukan pembangunan akses jalan”. Kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok bernada kesal, Kamis, ( 4/5) ,

Dari desa Bremi , Kecamatan Tiris, Probolinggo membuka akses pendakian menunju puncak argopuro. Informasi yang berkembang, puncak rengganis tidak hanya dikenal kindahanya namun dikabarkan menggeluarkan semburan gas aktif. Potensi inilah yang diduga menjadi pemicu perebutan Rengganis.

Dalam kajian historis, bahwa Lereng dan Puncak  Gunung Argopuro ini, berada pada titik pertemuan empat kabupaten, “Kabupaten Situondo, Bondowoso, Jember dan Probolinggo, Saat ini kami sedang menulusuri sejarah kewilayaan puncak gunung argopuro tersebut” Kata Pengelola Rumah Sejarah ini.

“Situs rengganis adalah bagian dari deretan gungung argopuro, yang kaya dengan peninggalan situs  bersejarah dari masa pra sejarah dan klasik, Legenda Dewi Rengganis, diyakini ada karena kecantikannya dan aura magisnya yang kuat, sehingga banyak digandrungi para pangeran saat itu. Pungkasnya. (rt/ef/eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: